Contoh Laporan Perkembangan Program Pendampingan SMK

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Program Pendampingan SMK merupakan salah satu model program yang ditawarkan oleh pihak Direktorat Pembinaan SMK bekerja sama dengan Perguruan Tinggi sebagai upaya untuk menguatkan SMK yang ada di Indonesia. Model Pendampingan SMK yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut, apabila dilihat dari sisi tingkat kemanfaatan sangat dirasakan baik oleh mahasiswa pelaksana program.

Apabila melihat dari hasil pelaksanaan program pendampingan yang telah dilakukan oleh mahasiswa UPI, ternyata melalui program ini mampu memecahkan permasalahan di SMK yang masih mengalami berbagai hambatan diantaranya dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk kelompok mata jaar produktif sesuai dengan program keahlian yang dikembangkan oleh SMK, penyediaan bahan ajar, media pembelajaran, buku sumber bagi siswa dan guru serta penguatan program-program ekstrakulikuler. Dampak dari hasil tersebut, banyak pihak SMK yang dijadikan lokasi pendampingan mahasiswa, melalui perguruan tinggi mengusulkan kembali untuk mendapatkan bantuan program yang sama. Selain itu ada juga SMK-SMK baru yang menginginkan untuk mendapatkan program pendampingan yang dilakukan oleh pihak SMK mitra. Berkenaan dengan itu tampaknya program Pendampingan SMK yang dilakukan oleh mahasiswa, perlu adanya perluasan wilayah SMK dan penambahan jumlah mahasiswa yang terlibat.

Selain itu upaya untuk menguatkan SMK sejak tahun 2006 Direktorat Pembinaan SMK telah melaksanakan berbagai program antara lain pemberian bantuan sarana dan prasarana dan peralatan praktik siswa. Adanya penambahan sarana dan prasarana yang diberikan ke SMK, perlu didukung dengan SDM guru yang memadai. Data riil yang ada unutk guru mata pelajaran produktif (program keahlian) ternyata masih terbatas. Kekurangan guru produktif terjadi di SMK-SMK, apalagi untuk SMKN yang baru.

Berkenaan dengan hal tersebut upaya konkrit untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK-SMK tersebut, pada tahun 2008 ini Direktorat Pembinaan SMK telah mengalokasikan dana Program Bantuan Pendampingan SMK oleh mahasiswa melalui kerja sama dengan Perguruan Tinggi yang relevan. Program ini akan dititikberatkan pada program pemberdayaan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Kependidikan dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai sebuah universitas yang memiliki komitmen terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia, merasa perlu untuk membantu program ini secara maksimal. Hal ini sesuai dengan visi, misi dan Renstra UPI tahun 2006-2010 yang memfokuskan pada pengembangan berbagai ilmu kependidikan dan non kependidikan. Apabila dilihat untuk kebijakan dalam bidang pendidikan UPI menjabarkan 10 program diantaranya adalah mengembangkan kerja sama kelembagaan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia pada tingkat lokal, nasional, dan internasional. Penjabaran dari program tersebut didukung oleh fakultas yang ada di UPI.

Program Pendampingan SMK sangat relevan dengan program yang menjadi program untuk bidang pendidikan mengacu pada Renstra tahun 2006-2010. Sejumlah kepakaran mahasiswa yang dibutuhkan untuk program Pendampingan SMK terdapat Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) yang memang secara langsung berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di SMK.

Universitas Pendidikan Indonesia melalui LPPM, telah melakukan kerja sama dengan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dirjen Mandikdasmen Depdiknas untuk program Pendampingan SMK di Provinsi Jawa Barat, Bengkulu dan Bangka Belitung. Jumlah mahasiswa yang terlibat 90 mahasiswa. Program ini merupakan program yang apabila dilihat dari sisi pembelajaran bagi mahasiswa merupakan pengalaman yang sangat berharga di dalam mendewasakan mahasiswa dan membuka kerja sama serta peluang kerja untuk sebagai guru produktif di SMK. Selain itu bahwa manfaat dari pelaksanaan program pendampingan SMK, khususnya yang dilakukan oleh mahasiswa UPI sangat dirasakan oleh pihak sekolah/Dinas Kab, Kota dan Provinsi. Dimana secara konkrit pihak sekolah mendapatkan bantuan guru produktif selama satu semester, sehingga proses belajar mengajar dapat diperkuat dan mutu pembelajaran dapat ditingkatkan. Manfaat yang dirasakan oleh sekolah yaitu peningkatan manajemen sekolah yang dirasakan ada perbaikan dengan adanya mahasiswa UPI yang mendapatkan tugas dari Direktorat Pembinaan SMK untuk melaksanakan program pendampingan SMK.
Continue reading

Advertisements

Contoh Laporan PLP

BAB I

MASALAH-MASALAH YANG DIALAMI SELAMA PELAKSANAAN PLP

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan profesionalnya.

Efektivitas dan efisiensi belajar individu di sekolah sangat bergantung kepada peran guru. Abin Syamsuddin (2003) mengemukakan bahwa dalam pengertian pendidikan secara luas, seorang guru yang ideal seyogyanya dapat berperan sebagai :

  1. Konservator (pemelihara) sistem nilai yang merupakan sumber norma kedewasaan;
  2. Inovator (pengembang) sistem nilai ilmu pengetahuan;
  3. Transmitor (penerus) sistem-sistem nilai tersebut kepada peserta didik;
  4. Transformator (penterjemah) sistem-sistem nilai tersebut melalui penjelmaan dalam pribadinya dan perilakunya, dalam proses interaksi dengan sasaran didik;
  5. Organisator (penyelenggara) terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan, baik secara formal (kepada pihak yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral (kepada sasaran didik, serta Tuhan yang menciptakannya).

Program Latihan Profesi (PLP) Kependidikan merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler yang harus ditempuh mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengalaman dan pengetahuan praktis kependidikan sebagai usaha untuk mewujudkan guru/ tenaga kependidikan yang profesional.

Tujuan umum PLP adalah agar para mahasiswa (praktikan) mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan, sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan yang profesional. Pengalaman yang dimaksud meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam profesi sebagai pendidik, serta mampu menerapkannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah dengan penuh tanggung jawab.

Adapun tujuan khusus PLP yakni melalui PLP diharapkan para mahasiswa :

  1. Mengenal secara cermat lingkungan sosial, fisik, administrasi dan akademik sekolah tempat latihan.
  2. Dapat menerapkan berbagai keterampilan dasar keguruan/kependidikan secara utuh dan terpadu dalam situasi sebenarnya.
  3. Dapat menarik pelajaran dari pengalaman dan penghayatannya, yang direfleksikan dalam perilakunya sehari-hari.

Pelaksanaan PLP semester genap tahun akademik 2010/2011 Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan sejak bulan November 2010 sampai Februari 2011 terintegrasi dengan Program Pendampingan SMK. Lokasi PLP tersebar di sekolah-sekolah lanjutan, diantaranya adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bengkulu tempat praktikan melaksanakan PLP.
Continue reading

Alur skripsi?

Sudah lama sebenernya pengen nge-blog tentang ini, tapi lupa aja. Mumpung ada koneksi internet di tempat kerjaan, mari kita tuangkan sejenak pengalaman.

Oke,

Tulisan ini saya persembahkan untuk teman-teman, adik-adik tingkat saya di Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia.

Apa hal pertama yang harus kita lakukan ketika akan mengerjakan skripsi?

Yang pasti ngontrak SKRIPSI-lah. Syarat untuk mengontrak mata kuliah ‘super’ ini minimal brp sks gitu (aduh, yg ini lupa), yang pasti sih, idealnya kamu-kamu yang sudah mengontrak Metode Penelitian atau Metlit dan Seminar (nilai minimal B) pasti sudah bisa mengontrak SKRIPSI juga. Petunjuknya ada di buku kecil yang dibagikan di awal kuliah itu loh. Coba deh cari lagi, terus baca-baca. Dan dari ILKOM juga ada buku panduannya. (nanti deh saya cari dulu ya :D)

Kalau sudah ngontrak, ngapain lagi donk?

Buat PROPOSAL SKRIPSI. Biasanya sih proposal ini hasil dari Metlit dan Seminar, di mata kuliah Seminar (kalau dosennya Pak Eka) proposal yang kita buat itu kalau memang ‘rada bagus’ bisa jadi bahan untuk skripsi dan langsung dapat pembimbing. Bagi yang tidak dapat, ya harus buat proposal dulu, terus kasih deh ke Pak Heri (koordinator skripsi), nanti beliau akan mengatur jadwal dan siapa dosen pengujinya (ini biasanya ditempel di mading/papan pengumuman di lobby GIK).

Nah, sekarang sudah ada pengumuman untuk penguji proposal, terus?

Kalau sudah ada jadwalnya, biasanya proposal skripsi kamu itu bakal ada di loker Pak Heri. Di dalam proposal itu akan diselipkan lembar pengujian proposal skripsi yang wajib diserahkan bersama proposal itu ke dosen penguji. Ingat! Ada batas waktu pengumpulan terakhir proposal setelah diuji. Jangan ditunda-tunda.

Ujian proposal skripsi kayak apa?

Gampang sih, kalau emang topik skripsimu itu menarik dan layak, pasti di-ACC deh. Tapi kalau tidak, silahkan mencoba membuat proposal baru :D. Hal yang biasa menjadi pertanyaan di ujian ini adalah seputar Bab 1. Pertanyaannya kayak gini nih contohnya: “kamu mau buat apa skripsi nanti?”, “materi apa yg akan kamu pake di skripsi?”, kalau tema skripsi kita mirip dengan yang sebelumnya “apa bedanya skripsimu dengan yg sebelumnya?”, dll. Beres ujian ini, dosen penguji akan mengisi lembar yg bersama proposalmu itu, nanti di sana ada 3 pilihan: DITOLAK, DITERIMA DENGAN PERBAIKAN, dan DITERIMA.

Kalau DITOLAK gmn donk? 😦

Hmm…dengan berat hati saya sampaikan kamu harus buat proposal skripsi baru lagi dengan tema yang berbeda. Dan alurnya kembali ke awal yah.

Kalau DITERIMA DENGAN PERBAIKAN? :-/

Ini mah lolos juga sih sebenarnya. Cuman biasanya kamu harus baikin beberapa bagian, misalnya latar belakang, tujuan, dll. Nanti akan ada catatan mana aja yang mesti diperbaiki.

Kalau DITERIMA?

Selamat ya, kamu berhak  untuk lanjut ke babak berikutnya 😀

Terus?

Setelah selesai ujian proposal skripsi, terutama untuk kategori DITERIMA dan DITERIMA DENGAN PERBAIKAN adalah memberikan proposal dan lembar ujian tersebut ke Pak Heri (koordinator skripsi), kalau yang DITERIMA DENGAN PERBAIKAN harus direvisi dulu ya bagian yang sudah ditandai oleh dosen penguji. Tunggu aja, sekitar 2 minggu (paling lama), nanti akan ada pengumuman nama kamu dan judul skripsi kamu terpampang dengan indahnya di mading ILKOM, tentu dengan dosen pembimbing.

Setelah dapat dosen pembimbing, kita ngapain lagi?

Kalau sudah dapat dosen pembimbing, sekarang minta BUKU BIMBINGAN SKRIPSI di TU Prodi, minta sama Pak Andri/Pak Anto. Buku itu wajib dibawa saat menghadap ke Pembimbing, sebagai bukti kalau kita melakukan bimbingan. Nanti tiap selesai menghadap, jangan lupa minta dosen pembimbing utk ttd di buku tsb. Ini syarat PRASIDANG, minimal 10 ttd pembimbing deh kalau tidak salah. Setelah buku itu ada, silahkan anda menghadap ke dosen pembimbing

Hal pertama yang dilakukan ketika menghadap ke dosen pembimbing?

Salam, hahahhaaaa 😀 *ya iya atuh, etika coy…* Pas menghadap utk yang pertama kalinya, bawa BUKU BIMBINGAN itu dan PROPOSAL SKRIPSI. Nah, bilang deh “Pak/Bu, saya sudah ujian proposal skripsi, dan Bapak/Ibu menjadi dosen pembimbing saya”, pokoknya yg sopan aja ya. Jangan sampai kesan pertama jelek di mata dosen pembimbing, biar lancar kesana-sananya. Kan “kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya…kumaha maneh we…

Silahkan lakukan bimbingan skripsi dengan RUTIN, ini kalau mau cepat LULUS dan dapat gelar S.Pd hahhahaaaa 😀

Pertanyaan lain seputar skripsi:

Gimana kalau ngontrak SKRIPSI sambil ngontrak PLP/PPL?

Boleh aja, tapi biasanya sih bakal sibuk sama kegiatan PLP/PPL itu. Kalau masih ada waktu luang untuk ngerjain skripsi sih, oke banget tuh!

GIMANA TTG PRASIDANG DAN SIDANG?

Menyusul ya, kerja dulu nih…

Rancangan Silabus Praktikum PTI

PTI adalah Pengantar Teknologi Informasi. Di kampus saya (Universitas Pendidikan Indonesia), secara turun-temurun PTI ini sebagai perkenalan dengan dunia ilmu komputer. Dalam kurikulum PTI, terbagi menjadi 2, pembelajaran di kelas (teori) dan praktikum. Anehnya sih praktikumnya ini kenyataannya tidak sinkron dengan yang diajarkan di kelas, soalnya yg diajarkan di kelas kebanyakan ya memang cuman dasar atau pengenalan saja. Di praktikum saya mengenal hal-hal baru. Jadi saya beranggapan bagaimana kalau dalam praktikum PTI ini benar-benar mengenalkan keseluruhan apa yang akan dipelajari di ilmu komputer (ilkom).

Bagaimana membuat sebuah praktikum PTI yang benar-benar bisa optimal?Berikut saya mencoba untuk membuat rancangan silabus untuk mata kuliah PTI.

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aplikasi perkantoran
  • menguasai aplikasi pengolah kata
  • menguasai aplikasi pengolah angka
  • menguasai aplikasi presentasi
  • menguasai aplikasi basis data
Pemrograman
  • mengenal algoritma
  • mengenal tipe data, variabel, konstanta
  • mengenal algoritma runtutan (sequence), pemilihan (conditional), pengulangan (looping)
Jaringan
  • membuat kabel tipe cross & straight
  • menghubungkan dua buah komputer
Sistem Operasi
  • mengenal SO dan jenisnya
  • mahir menginstalasi SO
  • mahir mengoperasikan SO
Web
  • mengenal tag HTML
  • mengenal CSS
  • membuat web statis
Multimedia
  • mengenal pengolah grafik
  • mengenal pengolah vektor
  • membuat animasi sederhana

*)masih dalam tahap perancangan

Selamat datang mahasiswa ILKOM 2011

Assalamu’alaikum wr.wb.
Hidup Mahasiswa!
Salam Pendidikan!

Selamat datang kepada adik-adik mahasiswa baru 2011. Selamat datang kepada mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer dan Ilmu Komputer.

Di sinilah langkah awal sebuah kesuksesan.

Akan ada banyak kisah yang akan terukir mulai saat ini sampai kalian lulus.

Saat kuliah, yang berhasil adalah mahasiswa yg tekun dan sungguh-sungguh, akan banyak godaan yang menghadang ketika kuliah.

Saya mendapatkan banyak pelajaran yang banyak dan sangat berharga saat kuliah, mendapatkan ilmu-ilmu baru, sahabat yang banyak, saya menghadapi banyak karakteristik teman-teman yang berbeda, ada yang pendiam, yang sabar, yang cerewet, yang riweuh, yang nggak mau kalah, dan masih banyak jenis lainnya, hehheheee 😛

Jangan minder ketika masuk ke ILKOM tapi belum mengenal dunia komputer secara umum. Di sini ada UKK yg dapat mewadahi minat kita.

Manfaatkan semua hal, silahkan bertanya kepada kakak tingkat seputar dunia perkuliahan, dan lain-lain.

Pesan saya yang terakhir,,

“Jangan malu bertanya!”

Situs resmi Program Ilmu Komputer

Sepenggal surat untuk wisudawan-wisudawati Jupiter B

Dear barudak JupiterB,

Selamat ya kawan sudah jadi sarjana pendidikan, maaf atas ketidakhadiran diwisuda kalian, tapi semoga bisa terbayarkan dengan adanya surat ini dan kehadiran saya di prasidang dan sidang kalian.

4 tahun kita bersama, semua perbedaan, semua tawa, tangis, canda, dan juga cinta, semua itu kita lalui bersama. Tidak perlu saya ceritakan di sini semua kenangan itu, cukup kalian pejamkan mata dan bayangan-bayangan kebersamaan kita selama 4 tahun ini akan terbesit di benak kalian.

Dari jauh saya mendo’akan untukmu kawan-kawan, kalian calon orang-orang sukses. Jangan lupa, do’akan kami yang masih sibuk dengan proposal skripsi, sibuk dengan bab1,bab2,bab3, sibuk dengan instrumen, sibuk buat sistem, sibuk penelitian, dan sibuk menunggu wisuda desember.

Ada penggalan lirik lagu buat kalian, *yg membacakan harus menyanyikannya dengan nada yg baik dan benar.

Kamu sangat berarti, istimewa di hati
Selamanya rasa ini
Jika tua nanti, kita t’lah hidup masing-masing
Ingatlah hari ini

Sepatah-patah kata buat wisudawan:

Nisa

“Ayo say, bangun Bima, jadi pejabat yah di sana, biar kalau kita2 mau ksana gampang akomodasi ditanggung sama dirimu”

Septi

“Sekretaris saya nih, semangat yah, semoga dijodohkan sama Yoga Rizky Prayoga, amin”

Yoga

“Nuhun Ga atas bantuannya selama ini, buku PHP ntar dititipin ke Iip aja ya, buru atuh sama Septi”

Dwi

“Mamah sudah lulus, sudah kerja pula, jangan lupakan Papah, hahahahaa 😀 *mati kalau ini didenger orang tua + cwonya”

 

Vina

“Vin, jangan kemana-mana bantu penelitian saya ya, tunggu saya di SMK BPI”

Era

“Ra, jadi kan rencana tour ke Cilacap? Pasti ngerti kan?”

Riri Dwi

“Yah Rin,balik ke tanah Minang yah? Ntar saya pesan tiket sama siapa donk”

Mira

“Ayo Mir, langsung S2 yah, tunggu saya, hehehee tetap semangat dengan Koreanya”

 

Ditulis dari bumi Borneo,

Zulkifli Muhtar

jupiter b

jupiter b

Update Status Facebook “via KEMAKOM”

Ini saya copas dari blog teman saya Fachri, yang merupakan pengurus KEMAKOM saat ini (2011-2012), sekedar info tambahan, dia Menteri Komunikasi dan Informasi BEM KEMAKOM.

Untuk para pengguna jejaring sosial facebook, khusunya warga KEMAKOM (Keluarga Mahasiswa Komputer) FPMIPA UPI silahkan mencoba update status via KEMAKOM… hhee :D
untuk mencoba update status silahkan klik link dibawah ini :

Update via KEMAKOM

Selamat mencoba….
Semoga Bermanfaat :D