Contoh Laporan PLP

BAB I

MASALAH-MASALAH YANG DIALAMI SELAMA PELAKSANAAN PLP

Sejalan dengan tantangan kehidupan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan profesionalnya.

Efektivitas dan efisiensi belajar individu di sekolah sangat bergantung kepada peran guru. Abin Syamsuddin (2003) mengemukakan bahwa dalam pengertian pendidikan secara luas, seorang guru yang ideal seyogyanya dapat berperan sebagai :

  1. Konservator (pemelihara) sistem nilai yang merupakan sumber norma kedewasaan;
  2. Inovator (pengembang) sistem nilai ilmu pengetahuan;
  3. Transmitor (penerus) sistem-sistem nilai tersebut kepada peserta didik;
  4. Transformator (penterjemah) sistem-sistem nilai tersebut melalui penjelmaan dalam pribadinya dan perilakunya, dalam proses interaksi dengan sasaran didik;
  5. Organisator (penyelenggara) terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan, baik secara formal (kepada pihak yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral (kepada sasaran didik, serta Tuhan yang menciptakannya).

Program Latihan Profesi (PLP) Kependidikan merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler yang harus ditempuh mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengalaman dan pengetahuan praktis kependidikan sebagai usaha untuk mewujudkan guru/ tenaga kependidikan yang profesional.

Tujuan umum PLP adalah agar para mahasiswa (praktikan) mendapatkan pengalaman kependidikan secara faktual di lapangan, sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan yang profesional. Pengalaman yang dimaksud meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam profesi sebagai pendidik, serta mampu menerapkannya dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah dengan penuh tanggung jawab.

Adapun tujuan khusus PLP yakni melalui PLP diharapkan para mahasiswa :

  1. Mengenal secara cermat lingkungan sosial, fisik, administrasi dan akademik sekolah tempat latihan.
  2. Dapat menerapkan berbagai keterampilan dasar keguruan/kependidikan secara utuh dan terpadu dalam situasi sebenarnya.
  3. Dapat menarik pelajaran dari pengalaman dan penghayatannya, yang direfleksikan dalam perilakunya sehari-hari.

Pelaksanaan PLP semester genap tahun akademik 2010/2011 Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan sejak bulan November 2010 sampai Februari 2011 terintegrasi dengan Program Pendampingan SMK. Lokasi PLP tersebar di sekolah-sekolah lanjutan, diantaranya adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bengkulu tempat praktikan melaksanakan PLP.
Continue reading

Advertisements

Lowongan Kerja Guru TIK

Sebuah yayasan yang memiliki visi dan misi untuk memajukan pendidikan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat rural area di Indonesia, yang diwujudkan dengan skala kemitraan nasional dan internasional, mencari kandidat dengan posisi:

 

“Guru Komputer / TIK” ( Kode : Guru TIK )

Kualifikasi:

  1. Lulusan  Sarjana  IT/ Ilmu Komputer atau Sarjana Pendidikan Jurusan Pendidikan Ilmu Komputer  dari universitas negeri atau swasta terkemuka
  2. IPK min: 3.00 skala : 4
  3. Mempunyai pengalaman min. 1 thn di bidang yang sama.
  4. Mampu berbahasa inggris ( Lisan  dan tulisan ), TOEFL  450 – 500
  5. Bersedia ditempatkan di Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara.

terhadap kandidat terbaik, akan ditawarkan remunerasi yang menarik.

Kirim Lamaran, CV dan dokumen-dokumen pendukung Anda dengan mencantumkan kode yang dilamar pada subjek via  email ke recruitment@del.or.id

Alur skripsi?

Sudah lama sebenernya pengen nge-blog tentang ini, tapi lupa aja. Mumpung ada koneksi internet di tempat kerjaan, mari kita tuangkan sejenak pengalaman.

Oke,

Tulisan ini saya persembahkan untuk teman-teman, adik-adik tingkat saya di Pendidikan Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia.

Apa hal pertama yang harus kita lakukan ketika akan mengerjakan skripsi?

Yang pasti ngontrak SKRIPSI-lah. Syarat untuk mengontrak mata kuliah ‘super’ ini minimal brp sks gitu (aduh, yg ini lupa), yang pasti sih, idealnya kamu-kamu yang sudah mengontrak Metode Penelitian atau Metlit dan Seminar (nilai minimal B) pasti sudah bisa mengontrak SKRIPSI juga. Petunjuknya ada di buku kecil yang dibagikan di awal kuliah itu loh. Coba deh cari lagi, terus baca-baca. Dan dari ILKOM juga ada buku panduannya. (nanti deh saya cari dulu ya :D)

Kalau sudah ngontrak, ngapain lagi donk?

Buat PROPOSAL SKRIPSI. Biasanya sih proposal ini hasil dari Metlit dan Seminar, di mata kuliah Seminar (kalau dosennya Pak Eka) proposal yang kita buat itu kalau memang ‘rada bagus’ bisa jadi bahan untuk skripsi dan langsung dapat pembimbing. Bagi yang tidak dapat, ya harus buat proposal dulu, terus kasih deh ke Pak Heri (koordinator skripsi), nanti beliau akan mengatur jadwal dan siapa dosen pengujinya (ini biasanya ditempel di mading/papan pengumuman di lobby GIK).

Nah, sekarang sudah ada pengumuman untuk penguji proposal, terus?

Kalau sudah ada jadwalnya, biasanya proposal skripsi kamu itu bakal ada di loker Pak Heri. Di dalam proposal itu akan diselipkan lembar pengujian proposal skripsi yang wajib diserahkan bersama proposal itu ke dosen penguji. Ingat! Ada batas waktu pengumpulan terakhir proposal setelah diuji. Jangan ditunda-tunda.

Ujian proposal skripsi kayak apa?

Gampang sih, kalau emang topik skripsimu itu menarik dan layak, pasti di-ACC deh. Tapi kalau tidak, silahkan mencoba membuat proposal baru :D. Hal yang biasa menjadi pertanyaan di ujian ini adalah seputar Bab 1. Pertanyaannya kayak gini nih contohnya: “kamu mau buat apa skripsi nanti?”, “materi apa yg akan kamu pake di skripsi?”, kalau tema skripsi kita mirip dengan yang sebelumnya “apa bedanya skripsimu dengan yg sebelumnya?”, dll. Beres ujian ini, dosen penguji akan mengisi lembar yg bersama proposalmu itu, nanti di sana ada 3 pilihan: DITOLAK, DITERIMA DENGAN PERBAIKAN, dan DITERIMA.

Kalau DITOLAK gmn donk? 😦

Hmm…dengan berat hati saya sampaikan kamu harus buat proposal skripsi baru lagi dengan tema yang berbeda. Dan alurnya kembali ke awal yah.

Kalau DITERIMA DENGAN PERBAIKAN? :-/

Ini mah lolos juga sih sebenarnya. Cuman biasanya kamu harus baikin beberapa bagian, misalnya latar belakang, tujuan, dll. Nanti akan ada catatan mana aja yang mesti diperbaiki.

Kalau DITERIMA?

Selamat ya, kamu berhak  untuk lanjut ke babak berikutnya 😀

Terus?

Setelah selesai ujian proposal skripsi, terutama untuk kategori DITERIMA dan DITERIMA DENGAN PERBAIKAN adalah memberikan proposal dan lembar ujian tersebut ke Pak Heri (koordinator skripsi), kalau yang DITERIMA DENGAN PERBAIKAN harus direvisi dulu ya bagian yang sudah ditandai oleh dosen penguji. Tunggu aja, sekitar 2 minggu (paling lama), nanti akan ada pengumuman nama kamu dan judul skripsi kamu terpampang dengan indahnya di mading ILKOM, tentu dengan dosen pembimbing.

Setelah dapat dosen pembimbing, kita ngapain lagi?

Kalau sudah dapat dosen pembimbing, sekarang minta BUKU BIMBINGAN SKRIPSI di TU Prodi, minta sama Pak Andri/Pak Anto. Buku itu wajib dibawa saat menghadap ke Pembimbing, sebagai bukti kalau kita melakukan bimbingan. Nanti tiap selesai menghadap, jangan lupa minta dosen pembimbing utk ttd di buku tsb. Ini syarat PRASIDANG, minimal 10 ttd pembimbing deh kalau tidak salah. Setelah buku itu ada, silahkan anda menghadap ke dosen pembimbing

Hal pertama yang dilakukan ketika menghadap ke dosen pembimbing?

Salam, hahahhaaaa 😀 *ya iya atuh, etika coy…* Pas menghadap utk yang pertama kalinya, bawa BUKU BIMBINGAN itu dan PROPOSAL SKRIPSI. Nah, bilang deh “Pak/Bu, saya sudah ujian proposal skripsi, dan Bapak/Ibu menjadi dosen pembimbing saya”, pokoknya yg sopan aja ya. Jangan sampai kesan pertama jelek di mata dosen pembimbing, biar lancar kesana-sananya. Kan “kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya…kumaha maneh we…

Silahkan lakukan bimbingan skripsi dengan RUTIN, ini kalau mau cepat LULUS dan dapat gelar S.Pd hahhahaaaa 😀

Pertanyaan lain seputar skripsi:

Gimana kalau ngontrak SKRIPSI sambil ngontrak PLP/PPL?

Boleh aja, tapi biasanya sih bakal sibuk sama kegiatan PLP/PPL itu. Kalau masih ada waktu luang untuk ngerjain skripsi sih, oke banget tuh!

GIMANA TTG PRASIDANG DAN SIDANG?

Menyusul ya, kerja dulu nih…