Rancangan Silabus Praktikum PTI

PTI adalah Pengantar Teknologi Informasi. Di kampus saya (Universitas Pendidikan Indonesia), secara turun-temurun PTI ini sebagai perkenalan dengan dunia ilmu komputer. Dalam kurikulum PTI, terbagi menjadi 2, pembelajaran di kelas (teori) dan praktikum. Anehnya sih praktikumnya ini kenyataannya tidak sinkron dengan yang diajarkan di kelas, soalnya yg diajarkan di kelas kebanyakan ya memang cuman dasar atau pengenalan saja. Di praktikum saya mengenal hal-hal baru. Jadi saya beranggapan bagaimana kalau dalam praktikum PTI ini benar-benar mengenalkan keseluruhan apa yang akan dipelajari di ilmu komputer (ilkom).

Bagaimana membuat sebuah praktikum PTI yang benar-benar bisa optimal?Berikut saya mencoba untuk membuat rancangan silabus untuk mata kuliah PTI.

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Aplikasi perkantoran
  • menguasai aplikasi pengolah kata
  • menguasai aplikasi pengolah angka
  • menguasai aplikasi presentasi
  • menguasai aplikasi basis data
Pemrograman
  • mengenal algoritma
  • mengenal tipe data, variabel, konstanta
  • mengenal algoritma runtutan (sequence), pemilihan (conditional), pengulangan (looping)
Jaringan
  • membuat kabel tipe cross & straight
  • menghubungkan dua buah komputer
Sistem Operasi
  • mengenal SO dan jenisnya
  • mahir menginstalasi SO
  • mahir mengoperasikan SO
Web
  • mengenal tag HTML
  • mengenal CSS
  • membuat web statis
Multimedia
  • mengenal pengolah grafik
  • mengenal pengolah vektor
  • membuat animasi sederhana

*)masih dalam tahap perancangan

Advertisements

Selamat datang mahasiswa ILKOM 2011

Assalamu’alaikum wr.wb.
Hidup Mahasiswa!
Salam Pendidikan!

Selamat datang kepada adik-adik mahasiswa baru 2011. Selamat datang kepada mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer dan Ilmu Komputer.

Di sinilah langkah awal sebuah kesuksesan.

Akan ada banyak kisah yang akan terukir mulai saat ini sampai kalian lulus.

Saat kuliah, yang berhasil adalah mahasiswa yg tekun dan sungguh-sungguh, akan banyak godaan yang menghadang ketika kuliah.

Saya mendapatkan banyak pelajaran yang banyak dan sangat berharga saat kuliah, mendapatkan ilmu-ilmu baru, sahabat yang banyak, saya menghadapi banyak karakteristik teman-teman yang berbeda, ada yang pendiam, yang sabar, yang cerewet, yang riweuh, yang nggak mau kalah, dan masih banyak jenis lainnya, hehheheee 😛

Jangan minder ketika masuk ke ILKOM tapi belum mengenal dunia komputer secara umum. Di sini ada UKK yg dapat mewadahi minat kita.

Manfaatkan semua hal, silahkan bertanya kepada kakak tingkat seputar dunia perkuliahan, dan lain-lain.

Pesan saya yang terakhir,,

“Jangan malu bertanya!”

Situs resmi Program Ilmu Komputer

Sepenggal surat untuk wisudawan-wisudawati Jupiter B

Dear barudak JupiterB,

Selamat ya kawan sudah jadi sarjana pendidikan, maaf atas ketidakhadiran diwisuda kalian, tapi semoga bisa terbayarkan dengan adanya surat ini dan kehadiran saya di prasidang dan sidang kalian.

4 tahun kita bersama, semua perbedaan, semua tawa, tangis, canda, dan juga cinta, semua itu kita lalui bersama. Tidak perlu saya ceritakan di sini semua kenangan itu, cukup kalian pejamkan mata dan bayangan-bayangan kebersamaan kita selama 4 tahun ini akan terbesit di benak kalian.

Dari jauh saya mendo’akan untukmu kawan-kawan, kalian calon orang-orang sukses. Jangan lupa, do’akan kami yang masih sibuk dengan proposal skripsi, sibuk dengan bab1,bab2,bab3, sibuk dengan instrumen, sibuk buat sistem, sibuk penelitian, dan sibuk menunggu wisuda desember.

Ada penggalan lirik lagu buat kalian, *yg membacakan harus menyanyikannya dengan nada yg baik dan benar.

Kamu sangat berarti, istimewa di hati
Selamanya rasa ini
Jika tua nanti, kita t’lah hidup masing-masing
Ingatlah hari ini

Sepatah-patah kata buat wisudawan:

Nisa

“Ayo say, bangun Bima, jadi pejabat yah di sana, biar kalau kita2 mau ksana gampang akomodasi ditanggung sama dirimu”

Septi

“Sekretaris saya nih, semangat yah, semoga dijodohkan sama Yoga Rizky Prayoga, amin”

Yoga

“Nuhun Ga atas bantuannya selama ini, buku PHP ntar dititipin ke Iip aja ya, buru atuh sama Septi”

Dwi

“Mamah sudah lulus, sudah kerja pula, jangan lupakan Papah, hahahahaa 😀 *mati kalau ini didenger orang tua + cwonya”

 

Vina

“Vin, jangan kemana-mana bantu penelitian saya ya, tunggu saya di SMK BPI”

Era

“Ra, jadi kan rencana tour ke Cilacap? Pasti ngerti kan?”

Riri Dwi

“Yah Rin,balik ke tanah Minang yah? Ntar saya pesan tiket sama siapa donk”

Mira

“Ayo Mir, langsung S2 yah, tunggu saya, hehehee tetap semangat dengan Koreanya”

 

Ditulis dari bumi Borneo,

Zulkifli Muhtar

jupiter b

jupiter b

Analisis Kurikulum SMK Daarut Tauhid Boarding School Bandung

Kajian Dokumen (kerangka kurikulum)

Berdasarkan hasil kajian terhadap dokumen dan pelaksanaan serta analisisnya, ditemukan hal-hal sebagai berikut.

Kelompok Mata Pelajaran dan Struktur Kurikulum

a. Kelompok Mata Pelajaran

Uraian tentang kelompok mata pelajaran yang berisi deskripsi kelompok mata pelajaran spesifik SMK, merujuk kepada Permen 22 tahun 2006, meliputi tiga kelompok mata pelajaran, yaitu kelompok normatif, kelompok adaptif, dan kelompok produktif.

Kelompok normatif adalah kelompok mata pelajaran yang dialokasikan secara tetap yang meliputi Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, dan Seni Budaya.

Kelompok adaptif terdiri atas mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi, dan Kewirausahaan.

Kelompok produktif terdiri atas sejumlah mata pelajaran yang dikelompok-kan dalam Dasar Kompetensi Keahlian dan Kompetensi Keahlian.

Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai kekhususan. Kekhususan tersebut terletak pada mata pelajaran produktif. Seperti halnya mata pelajaran lain, standar isi (SI) dan standar kompetensi lulusan (SKL) mata pelajaran produktif juga perlu dikaji.

b. Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum berisi uraian tentang jumlah jam pelajaran setiap mata pelajaran, minimal sesuai dengan standar isi untuk semua jenis program/jurusan pada sekolah untuk setiap semester yang berlaku pada tahun pelajaran itu. Standar isi merujuk kepada Permen 22 tahun 2006, merujuk kepada Kajian Kebijakan Kurikulum SMK – 2007 7 panduan penyusunan kurikulum KTSP jenjang pendidikan dasar dan menengah yang disusun oleh BSNP.

Struktur Kurikulum yang dituangkan dalam bentuk matrik, memuat tentang nomor, kode kompetensi, kelompok mata pelajaran/kompetensi, tahun/tingkat dan semester serta jumlah jam.

Continue reading

Angkot Balikpapan vs. Angkot Bandung

Angkot, angkutan kota, adalah transportasi umum yang tersedia di sekeliling kita yang dapat dengan mudah kita jumpai. Pasti sudah pada tau ya tiap kota pasti angkotnya berbeda.
Nah, sekarang saya mau membahas sedikit apa yang saya lihat mengenai “budaya” angkot di Bandung dan juga di Balikpapan.
Apa saja ya yang mau dibahas untuk perbedaannya? Kita mulai dari bentuk fisik angkotnya dulu aja kali ya.
Untuk angkot di Bandung, posisi kursi untuk penumpang saling berhadapan. Nah, kalau di Balikpapan beda, jadi posisi kursinya kayak di mobil biasa aja. Di depan sama di belakang gitu. Ya cuman ada space dikit di kursi pertama jadi bisa untuk menjangkau kursi yang di belakang. Kalau di Bandung sih mirip elf (baca: elep) gitu cuman kalau elf kan gede tuh, kalau ini kecil sama kayak ukuran angkot pada umumnya.
Itu bentuk fisiknya, terus kita lanjut lagi, kalau di Bandung yang saya lihat banyak angkot yang seperti sudah tua ya kondisi mobilnya (maaf ya), ya memang banyak sih yang saya lihat yang baru-baru, cuman masih kelihatan aja yang sudah tua. Kalau di Balikpapan sih umumnya saya lihat sudah jarang yang tua-tua seperti itu. Mungkin karena angkotnya memang tidak terlalu banyak.
Kemudian angkot di Balikpapan sebagian besar pasti ada tape-nya, atau pemutar mp3/music. Bahkan jaman saya SMP aja lagi trend pake TV yg mini untuk memutar video clip di dalam angkot, keren kan ya? Pokoknya angkotnya dimodif banget deh, terutama angkot yang dipakai untuk trayek-trayek menuju sekolah. Dan ini jarang saya temukan di Bandung.
Untuk suku dari orang yg jadi sopir pasti beda kan, kalau di Bandung kebanyakan suku Sunda, kalau di Balikpapan kebanyakan suku Bugis dan usianya masih pada muda, sekitar 20-40tahun.
Untuk total angkot sepertinya lebih banyak di Bandung dibanding Balikpapan, soalnya Bandung kan luas kotanya, dan banyak pelajar yang ada di Bandung, kalau di Balikpapan sedikit karena memang termasuk kota kecil.
Untuk warna dan nomor, di Bandung bakal ada nama tempat awal dan tempat akhir, misal: Kalapa-Ledeng, berarti angkot ini ada di sepanjang jalan menuju Kalapa dari Ledeng. Kalau di Balikpapan biasanya tiap trayek itu beda warna. Kalau di Bandung kita masih akan menemukan warna yang sama untuk trayek Kalapa-Ledeng dan Caheum-Ledeng (saya aja sering salah naik angkot gara-gara salah), nah kalau di Balikpapan, semua trayek beda warna.
Nah, ada lagi nih yang beda, kalau di Bandung pasti sudah biasa dengan yang namanya ngetem, kalau di Balikpapan, biasanya angkotnya jarang ngetem lho. Langsung berangkat.
Tarif angkot di Bandung lebih murah dibandingkan di Balikpapan. Kalau di Bandung kan berdasarkan jarak ya, jadi mulai dari 1000,1500,2000,2500,3000,3500,4000,dst. Nah, kalau di Balikpapan beda, jadi biasanya kalau dekat 3000 kalau jauh 4000 (sekarang sih nggak hapal tarifnya, sudah lama nggak naik angkot,hehehee :P). Jadi di Balikpapan, kalau dari tempat A-B meskipun dekat, tetap aja bakal bayar tarif dasarnya yang 3000 itu. Jadi ya rugi kalau cuman dekat lokasinya.

Itulah sedikit perbedaan angkot dari 2 kota yang berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut. Ini berdasarkan pengamatan saya menggunakan angkot. Kalau tidak percaya, silahkan coba sendiri naik angkot di Bandung dan Balikpapan.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Angkot aneh!

Hari ini punya pengalaman lucu lagi dengan angkot di Bandung. Tapi merasa bersalah sih sebenarnya. Hmm…kesel juga sih. Hahhaaaaaaa 😀
Mau tau ceritanya? 😛
Tadi pulang dari kampus bersama Giri (mahasiswa ILKOM angkatan 2010 asal Sampit) karena naik angkot 1 jurusan yaitu ke Lembang. Awalnya memang biasa aja di angkot, sambil ngobrol dengan Giri. Berhubung jarak kampus ke kost saya dekat, jadi cuma beberapa menit saja sudah hampir sampai di dekat kost.
Akhirnya sampailah di dekat kost dan ada penumpang di samping saya yang sudah mengucapkan kata sakti, “STOP” hahahaaaa 😀
Orang itu pun turun lebih dulu kemudian disusul saya. Saat pun turun. Dan ketika mau turun angkot tersebut sedikit berjalan, saya bingung apakah angkot ini sengaja atau tidak. Saya mau menginjakkan kaki di tanah, eh angkotnya malah mempercepat lajunya. Hampir jatuh karena turun dari angkot sementara angkot dalam kondisi setengah berjalan. Orang-orang di dalam angkot pada ngeliatin ketika angkot itu berlalu meninggalkan saya yang diam juga melihat angkot pergi.
Huffttt…alhamdulillah tidak apa-apa.
Kesel?
Sedikit sih, mikirnya tadi kalau jatuh dari angkot kan gak lucu. Mana sudah malam pula, sekitar pukul 6 lebih.
Pas turun itu, uang buat ongkos angkot sudah ada di tangan kiri dan bersiap untuk dibayarkan, tapi ya angkotnya sudah keburu pergi, ya sudahlah “kata Bondan…
Dan sekarang kabar saya nggak bayar angkot menyebar di twitter gara-gara Giri, hahahaaa 😀 tidak apalah. Bukan salah saya. Saya mau bayar tapi sopir angkotnya berlalu begitu saja. Menurut tweet Giri sih sopirnya baru belajar gitu. Jadi serem naik angkot itu lagi. Hiiiiiii….

Posted with WordPress for BlackBerry.

Maicih

Maicih…
Taukah kalian apa itu Maicih? Coba googling deh kalau belum tau. Maicih ini adalah jajanan yang lagi ngetrend di kalangan anak muda, khususnya di Bandung. Karena asal lahirnya Maicih ini memang di Bandung. Bahkan ada yang bilang, belum jadi anak gaulnya Bandung kalau belum pernah nyobain (padahal yang nulis juga baru aja makannya, itupun juga ditawarin sama teman alias gratisan).
Maicih ini banyak variannya. Ada kerupuk, gurilem, terusssss… terusssss… masih banyak deh (padahal lupa apa aja produknya). Nah, khusus kerupuk ada level-levelnya, semakin besar nomernya semakin pedas rasanya. Sampai-sampai teman yg beli itu sakit perut 2 hari. Emang dia nggak kuat sama yang namanya makanan yang “hot” sih. Level Maicih ini melambangkan kegalauan anak muda Bandung, itu kalau tidak salah kata-kata yg pernah kudengar di twitter atau dimana gitu, sudah lupa.

Satu hal yang menarik dari Maicih. Tidak ada toko yang menjual jajanan tersebut. Kenapa? Hmmm, kenapa ya? Nggak tau juga. Soalnya distribusinya terbatas dan pindah-pindah, nomaden gitu deh. Jadi kudu follow twitternya biar update dimana aja lokasi penjualannya. Kesana-kesini deh itu kalau emang ngidam Maicih. Oia, kalau beli juga nggak boleh banyak-banyak loh, katanya sih maksimal 2 bungkus tiap varian.

Nah buat temen-temen yang belum tau Maicih, bisa dapatkan infonya di twitternya Maicih @maicih follow aja, nanti juga bakal tau dimana aja lokasi gentayangannya Maicih.

Ini foto Maicih pertama yg kumakan. Gratis dari teman. Lumayan. Thx ya Teh Miya 😉

maicih

maicih

Posted with WordPress for BlackBerry.