Contoh Laporan Perkembangan Program Pendampingan SMK

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Program Pendampingan SMK merupakan salah satu model program yang ditawarkan oleh pihak Direktorat Pembinaan SMK bekerja sama dengan Perguruan Tinggi sebagai upaya untuk menguatkan SMK yang ada di Indonesia. Model Pendampingan SMK yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut, apabila dilihat dari sisi tingkat kemanfaatan sangat dirasakan baik oleh mahasiswa pelaksana program.

Apabila melihat dari hasil pelaksanaan program pendampingan yang telah dilakukan oleh mahasiswa UPI, ternyata melalui program ini mampu memecahkan permasalahan di SMK yang masih mengalami berbagai hambatan diantaranya dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk kelompok mata jaar produktif sesuai dengan program keahlian yang dikembangkan oleh SMK, penyediaan bahan ajar, media pembelajaran, buku sumber bagi siswa dan guru serta penguatan program-program ekstrakulikuler. Dampak dari hasil tersebut, banyak pihak SMK yang dijadikan lokasi pendampingan mahasiswa, melalui perguruan tinggi mengusulkan kembali untuk mendapatkan bantuan program yang sama. Selain itu ada juga SMK-SMK baru yang menginginkan untuk mendapatkan program pendampingan yang dilakukan oleh pihak SMK mitra. Berkenaan dengan itu tampaknya program Pendampingan SMK yang dilakukan oleh mahasiswa, perlu adanya perluasan wilayah SMK dan penambahan jumlah mahasiswa yang terlibat.

Selain itu upaya untuk menguatkan SMK sejak tahun 2006 Direktorat Pembinaan SMK telah melaksanakan berbagai program antara lain pemberian bantuan sarana dan prasarana dan peralatan praktik siswa. Adanya penambahan sarana dan prasarana yang diberikan ke SMK, perlu didukung dengan SDM guru yang memadai. Data riil yang ada unutk guru mata pelajaran produktif (program keahlian) ternyata masih terbatas. Kekurangan guru produktif terjadi di SMK-SMK, apalagi untuk SMKN yang baru.

Berkenaan dengan hal tersebut upaya konkrit untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK-SMK tersebut, pada tahun 2008 ini Direktorat Pembinaan SMK telah mengalokasikan dana Program Bantuan Pendampingan SMK oleh mahasiswa melalui kerja sama dengan Perguruan Tinggi yang relevan. Program ini akan dititikberatkan pada program pemberdayaan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang menyelenggarakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Kependidikan dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai sebuah universitas yang memiliki komitmen terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia, merasa perlu untuk membantu program ini secara maksimal. Hal ini sesuai dengan visi, misi dan Renstra UPI tahun 2006-2010 yang memfokuskan pada pengembangan berbagai ilmu kependidikan dan non kependidikan. Apabila dilihat untuk kebijakan dalam bidang pendidikan UPI menjabarkan 10 program diantaranya adalah mengembangkan kerja sama kelembagaan untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia pada tingkat lokal, nasional, dan internasional. Penjabaran dari program tersebut didukung oleh fakultas yang ada di UPI.

Program Pendampingan SMK sangat relevan dengan program yang menjadi program untuk bidang pendidikan mengacu pada Renstra tahun 2006-2010. Sejumlah kepakaran mahasiswa yang dibutuhkan untuk program Pendampingan SMK terdapat Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK), Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA), Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS), Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) yang memang secara langsung berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di SMK.

Universitas Pendidikan Indonesia melalui LPPM, telah melakukan kerja sama dengan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dirjen Mandikdasmen Depdiknas untuk program Pendampingan SMK di Provinsi Jawa Barat, Bengkulu dan Bangka Belitung. Jumlah mahasiswa yang terlibat 90 mahasiswa. Program ini merupakan program yang apabila dilihat dari sisi pembelajaran bagi mahasiswa merupakan pengalaman yang sangat berharga di dalam mendewasakan mahasiswa dan membuka kerja sama serta peluang kerja untuk sebagai guru produktif di SMK. Selain itu bahwa manfaat dari pelaksanaan program pendampingan SMK, khususnya yang dilakukan oleh mahasiswa UPI sangat dirasakan oleh pihak sekolah/Dinas Kab, Kota dan Provinsi. Dimana secara konkrit pihak sekolah mendapatkan bantuan guru produktif selama satu semester, sehingga proses belajar mengajar dapat diperkuat dan mutu pembelajaran dapat ditingkatkan. Manfaat yang dirasakan oleh sekolah yaitu peningkatan manajemen sekolah yang dirasakan ada perbaikan dengan adanya mahasiswa UPI yang mendapatkan tugas dari Direktorat Pembinaan SMK untuk melaksanakan program pendampingan SMK.

B.  Tujuan

  1. Tujuan Umum

Secara umum tujuan yang ingin dicapai dari Pendampingan SMK Tahun 2010/2011 adalah:

  1. Membantu meningkatkan proses kegiatan belajar-mengajar (KBM) pada SMKN yang masih kekurangan tenaga pengajar khususnya tenaga pengajar untuk mata diklat kelompok produktif di provinsi yang ada di Indonesia.
  2. Memberikan layanan pendampingan oleh mahasiswa UPI peserta Program Pendampingan SMK tahun 2010/2011, dalam hal :

–       Peningkatan manajemen SMK lokasi pendampingan

–       Peningkatan kualitas penyelenggaraan KBM

–       Peningkatan program-program ekstrakulikuler SMK

  1. Membantu peningkatan angka partisipasi pendidikan menengah kejuruan di Kabupaten/Kota di dalam memenuhi kebutuhan tenaga tingkat menengah yang profesional dan memiliki keahlian yang bermutu.
  2. Tujuan khusus

sedangkan tujuan khusus yang ingin dicapai pada Program Pendampingan SMK Tahap I Tahun 2010/2011 ini adalah:

  1. Membantu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMK yang dijadikan lokasi sasaran pendampingan Tahun 2010/2011 oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) untuk program keahlian yang dibutuhkan oleh SMK mitra.
  2. Melanjutkan program untuk meningkatkan manajemen sekolah dalam hal:

–       Penataan sistem administrasi sekolah

–       Penataan sarana dan prasarana yang ada di laboratorium di SMK lokasi pendampingan

–       Pembenahan media pembelajaran

–       Penataan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat

–       Pengembangan kegiatan ekstrakulikuler

–       Mengidentifikasi permasalahan dan kendala sebagai faktor penyebab terhambatnya peningkatan mutu pembelajaran di SMK sasaran

–       Membantu untuk meningkatkan hasil Ujian Nasional SMK
BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

 

 

A.  Pembekalan Pendampingan SMK
Setiap peserta program pendampingan SMK tahun 2010/2011 harus mengikuti pembekalan yang telah ditetapkan. Pembekalan meliputi pembekalan umum, teknis, dan materi bidang studi. Pembekalan bertujuan untuk memberi gambaran kepada peserta pendampingan mengenai berbagai macam hal yang akan dihadapi di lapangan. Selain itu peserta juga mendapat penjelasan tentang apa dan bagaimana melaksanakan tugas pendampingan ini.

B.  Program Kerja Pendampingan SMK 2010
Selama  berlangsungnya Program Pendampingan SMK, ada beberapa program kerja yang harus dilaksanakan. Program kerja tersebut adalah sebagai berikut:

a)    Melaksanakan program pendampingan berdasarkan pekerjaan  yang telah ditetapkan.

b)    Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pendampingan dari masing-masing petugas dari setiap lokasi.

c)    Membuat  dan mengirim laporan pelaksanaan kegiatan pendampingan kepada pengelola program. Laporan tersebut terdiri dari:

  1. Laporan Perkembangan (Progress Report), menggambarkan kemajuan pekerjaan yang telah dilakukan. Laporan ini menggambarkan kondisi awal SMK.
  2. Laporan Akhir  (Final report), memuat semua hasil pelaksanaan kegiatan.

.

BAB III

PERKEMBANGAN PELAKSANAAN KEGIATAN

 

 

Selama menjadi pendamping selama bulan November 2010 sampai Januari 2011 dalam Program Pendampingan SMK telah melakukan kegiatan dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lain di sekolah, diantaranya sebagai berikut:

  1. Pengawas Ujian Semester Ganjil
  2. Razia atribut baju sekolah siswa
  3. Panitia Workshop Kerja Sama SMKN 3 Bengkulu dengan Dunia Industri
  4. Membantu administrasi Tata Usaha
  5. Pembuatan “mind map” beberapa guru produktif
  6. Kegiatan Tambahan Pelajaran
  7. Kegiatan Belajar Mengajar (Praktikum)
  8. Penyusunan Silabus, RPP, Program Tahunan, Program Semester
  9. Penyusunan Bank Soal KPPI
  10. 10.

BAB IV

PERMASALAHAN DAN PENANGGULANGANNYA

 

A.   Permasalahan
Faktor penghambat (permasalahan)  pendamping  untuk berkontribusi dalam rangka  meningkatkan kualitas pendidikan mencakup  penetapan waktu atau jadwal pendampingan yang kurang tepat dan jumlah tenaga pengajar yang sudah tercukupi.

  1. Penetapan waktu pendampingan yang kurang tepat.

Permasalahan ini sangat dirasakan selama menjalani proses pendampingan SMK di SMK Negeri 3 Bengkulu. Hal ini dikarenakan proses penempatan di SMK yang dituju  bertepatan dengan masa akhir semester ganjil. Ketika sampai di SMK, proses belajar mengajar sudah hampir selesai.  Penetapan jadwal yang kurang tepat ini membuat pendamping kesulitan di dalam menyusun program kerja.

  1. Jumlah tenaga pengajar yang sudah tercukupi.

Salah satu tujuan diadakannya program pendampingan SMK adalah penyebaran tenaga pengajar ke daerah-daerah yang dipandang oleh Direktor Pembinaan SMK masih kekurangan guru atau tenaga pendidik. Tetapi kondisi tenaga pengajar di SMK Negeri 3 Bengkulu pada bulan Januari 2011 bertambah dengan adanya dua tenaga pengajar honor. Hal tersebut menyebabkan pendamping  tidak berkontribusi banyak di dalam proses belajar mengajar.

B.   Penanggulangan
Upaya untuk  mengatasi  permasalahan yang terjadi saat proses pendampingan yang dapat dilakukan antara lain :

  1. Meminta jatah jam untuk mengajar kepada guru pamong.

Dikarenakan semua mata pelajaran sudah ada guru yang mengampu, maka untuk ikut berkontribusi dalam mengajar tidak ada cara lain selain meminta jam untuk mengajar.

  1. Peningkatan disiplin.

Untuk menumbuhkan dan meningkatkan kinerja tenaga pendamping dalam manajemen pendidikan di sekolah diperlukan adanya peningkatan disiplin untuk menciptakan iklim sekolah yang lebih kondusif dan dapat memotivasi kerja, serta menciptakan budaya kerja dan budaya disiplin para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam melakukan tugas di sekolah.

File : klik di sini

One thought on “Contoh Laporan Perkembangan Program Pendampingan SMK

  1. Ternyata masih banyak SMK dipelosok yang masih memerlukan uluran tangan pemerintah untuk menambah tenaga pengajar. Dengan adanya program pendampingan ini, banyak kepala sekolah di daerah yang merasakan sangat membantu kelangsungan pendidikan di SMK. Semoga pengabdian adik-adik mahasiswa yang tergabung dalam program ini menjadikan manfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s