Mageli

Kali ini mau kayak yang ngerti kuliner dulu, kan lagi musim di tivi acara kuliner-kuliner. Awalnya saya pengen ngebahas Mageli ini, tapi pengetahuan saya untuk salah satu penganan ini tidaklah banyak, hanya mengetahui sedikit, dan saya penasaran untuk googling. Tapi ya, ternyata hasilnya juga tidak terlalu banyak tautan untuk keyword ini *malah ke motor Meggelli,, hahhaaaaa 😀

Awalnya sih gara-gara kemarin buka puasa pake mageli, langsung aja teringat kenangan waktu masih duduk di SMPN 4 Balikpapan suka jajan ini di warung depan sekolah, harganya kalau nggak salah 500/buah. Cukup enak karena warung itu selalu rame saat istirahat *ya iya rame lah,coba pas jam belajar hahahaaa 😀

Buat yang belum tau mageli itu apa, ini saya kasih beberapa hasil googling, sayang sekali gambarnya belum nemu nih 😦

Mageli ini juga dijual bebas, terbuat dari kacang tolo yang setengah hancur, dengan tambahan bumbu dan bahan lain. Dicetak dengan tangan, dengan menunjukkan adanya bekas jari baru kemudian digoreng. Bisa dimakan sendiri anget-anget [karena akan keras kalau dingin], dengan ditemani cabe rawit bagi yang suka pedas.

http://ongkeksuling.wordpress.com/category/panganan-ider/

Dan saya juga menemukan cara membuatnya lho, kali aja ada yang mau nyoba:

Bahan :

1.  1/2 Kg Kacang hijau direndam selama 1 malam

2.  Garam

3. Penyedap

4. 2 siung bawang merah

5. 2 siung bawang putih

6.  1/2 sdt merica bubuk

7.  Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

– Haluskan semua bahan, aduk menjadi satu

– Bentuk sesuai selera, kemudian goreng dengan menggunakan minyak panas sampai matang ( kekuning – kuningan)

– Setelah itu angkat

Siap dihidangkan

http://elinur.wordpress.com/2009/02/26/mageli/

Tadi lupa sih fotoin magelinya, besok-besok kalau saya beli lagi ntar di foto deh.

See u next time,