Mageli

Kali ini mau kayak yang ngerti kuliner dulu, kan lagi musim di tivi acara kuliner-kuliner. Awalnya saya pengen ngebahas Mageli ini, tapi pengetahuan saya untuk salah satu penganan ini tidaklah banyak, hanya mengetahui sedikit, dan saya penasaran untuk googling. Tapi ya, ternyata hasilnya juga tidak terlalu banyak tautan untuk keyword ini *malah ke motor Meggelli,, hahhaaaaa 😀

Awalnya sih gara-gara kemarin buka puasa pake mageli, langsung aja teringat kenangan waktu masih duduk di SMPN 4 Balikpapan suka jajan ini di warung depan sekolah, harganya kalau nggak salah 500/buah. Cukup enak karena warung itu selalu rame saat istirahat *ya iya rame lah,coba pas jam belajar hahahaaa 😀

Buat yang belum tau mageli itu apa, ini saya kasih beberapa hasil googling, sayang sekali gambarnya belum nemu nih 😦

Mageli ini juga dijual bebas, terbuat dari kacang tolo yang setengah hancur, dengan tambahan bumbu dan bahan lain. Dicetak dengan tangan, dengan menunjukkan adanya bekas jari baru kemudian digoreng. Bisa dimakan sendiri anget-anget [karena akan keras kalau dingin], dengan ditemani cabe rawit bagi yang suka pedas.

http://ongkeksuling.wordpress.com/category/panganan-ider/

Dan saya juga menemukan cara membuatnya lho, kali aja ada yang mau nyoba:

Bahan :

1.  1/2 Kg Kacang hijau direndam selama 1 malam

2.  Garam

3. Penyedap

4. 2 siung bawang merah

5. 2 siung bawang putih

6.  1/2 sdt merica bubuk

7.  Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

– Haluskan semua bahan, aduk menjadi satu

– Bentuk sesuai selera, kemudian goreng dengan menggunakan minyak panas sampai matang ( kekuning – kuningan)

– Setelah itu angkat

Siap dihidangkan

http://elinur.wordpress.com/2009/02/26/mageli/

Tadi lupa sih fotoin magelinya, besok-besok kalau saya beli lagi ntar di foto deh.

See u next time, 

Cicak Kanibal

Aneh dan rada serem juga pas lihat ternyata ada cicak makan cicak. Hahhahahaaa 😀 sungguh aneh tapi nyata… *bukan nyanyi loh.

Awalnya ada cicak yang tersangkut di dinding, diam diam merayap, datang seekor nyamuk, hap, lalu ditangkap… *kok malah nyanyi 😀

Nah, cicak itu tersangkut di selotip yang saya pasang buat nutupin ventilasi yang ada bolongnya, soalnya kalau malam suka ada tawon masuk kalau itu dibiarkan terbuka. Sudah cukup lama padahal selotip itu di sana, dan kok bisa juga itu cicak terjebak di sana.

 
Continue reading

Sejarah Kota Balikpapan

Awalnya Balikpapan adalah tempat persinggahan pedagang-pedagang dari Banjar (Banjarmasin) yang akan menuju ke Kalimantan bagian timur. Pedagang asal Banjar tersebut membawa dagangan seperti beras, kain, garam, dan lainnya. Saat singgah, mereka menemukan sesuatu di sepanjang pesisir pantai Balikpapan. Ada banyak cairan hitam kecoklatan yang mengalir dari tanah di pesisir pantai Balikpapan. Cairan hitam yang mudah terbakar itu diambil oleh para pedagang untuk dijual/sebagai bahan bakar. Lama kelaman mereka tidak hanya singgah di Balikpapan, tetapi akhirnya menetap dan membuat sebuah kampung. Kampung tersebut dinamakan ‘Kampung Baru’. Letaknya di dekat Pulau Tukung.

pulau tukung balikpapan

Pulau Tukung Balikpapan

Dinamakan Kampung Baru karena di kampung ini mereka menetap dan memulai hidup baru. Penduduk pertama Kampung Baru ini kebanyakan adalah pedagang-pedagang dari Banjar dan Sulawesi. Penduduk pertama Kampung Baru ini kebanyakan adalah pedagang dari Banjar dan Sulawesi. Keberadaan lantung/cairan minyak di pesisir pantai Balikpapan kemudian diketahui oleh Belanda.
Continue reading

Asal-usul Nama Kota Balikpapan

Nama Balikpapan kurang jelas kapan berasal dan apa makna nama itu. Menilik susunan katanya dapat dimasukkan ke dalam asal kata bahasa Melayu. Menurut buku karya F. Valenijn pada tahun 1724, menyebut suatu daerah di hulu sebuah sungai di sebuah Teluk sekitar tiga mil dari pantai, desa itu bernama BILIPAPAN. Lepas dari persoalan ucapan maupun pendengaran, jelas bahwa nama tersebut dikaitkan dengan sebuah komunitas pedesaan di teluk yang sekarang dikenal dengan nama Teluk Balikpapan.

Terdapat beberapa versi terkait dengan asal-usul nama Balikpapan :

1. Versi Pertama ( Sumber : Buku 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip buku karya F. Valenijn tahun 1724 )
Menurut legenda asal nama Balikpapan adalah karena sebuah kejadian yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada pemukim-pemukim di sepanjang Teluk Balikpapan untuk menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut ditentukan berupa penyerahan sebanyak 1000 lembar papan yang diikat menjadi sebuah rakit yang dibawa ke Kutai Lama melalui sepanjang pantai. Setibanya di Kutai lama, ternyata ada 10 keping papan yang kurang (terlepas selama dalam perjalanan) dan hasil dari pencarian menemukan bahwa 10 keping papan tersebut terhanyut dan timbul disuatu tempat yang sekarang bernama “Jenebora”. Dari peristiwa inilah nama Balikpapan itu diberikan (dalam istilah bahasa Kutai “Baliklah – papan itu” atau papan yang kembali yang tidak mau ikut disumbangkan).

2. Versi Kedua ( Sumber : Legenda rakyat yang dimuat dalam buku 90 Tahun Kota Balikpapan )
Menurut legenda dari orang-orang suku Pasir Balik atau lazim disebut Suku Pasir Kuleng, maka secara turun menurun telah dihikayatkan tentang asal mula nama “Negeri Balikpapan”. Orang-orang suku Pasir Balik yang bermukim di sepanjang pantai teluk Balikpapan adalah berasal dari keturunan kakek dan nenek yang bernama ” KAYUN KULENG dan PAPAN AYUN “. Oleh keturunannya kampung nelayan yang terletak di Teluk Balikpapan itu diberi nama “KULENG – PAPAN” atau artinya “BALIK – PAPAN” (Dalam bahasa Pasir, Kuleng artinya Balik dan Papan artinya Papan) dan diperkirakan nama negeri Balikpapan itu adalah sekitar tahun 1527.

 

Sumber : Situs resmi Kota Balikpapan

Selamat datang mahasiswa ILKOM 2011

Assalamu’alaikum wr.wb.
Hidup Mahasiswa!
Salam Pendidikan!

Selamat datang kepada adik-adik mahasiswa baru 2011. Selamat datang kepada mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer dan Ilmu Komputer.

Di sinilah langkah awal sebuah kesuksesan.

Akan ada banyak kisah yang akan terukir mulai saat ini sampai kalian lulus.

Saat kuliah, yang berhasil adalah mahasiswa yg tekun dan sungguh-sungguh, akan banyak godaan yang menghadang ketika kuliah.

Saya mendapatkan banyak pelajaran yang banyak dan sangat berharga saat kuliah, mendapatkan ilmu-ilmu baru, sahabat yang banyak, saya menghadapi banyak karakteristik teman-teman yang berbeda, ada yang pendiam, yang sabar, yang cerewet, yang riweuh, yang nggak mau kalah, dan masih banyak jenis lainnya, hehheheee 😛

Jangan minder ketika masuk ke ILKOM tapi belum mengenal dunia komputer secara umum. Di sini ada UKK yg dapat mewadahi minat kita.

Manfaatkan semua hal, silahkan bertanya kepada kakak tingkat seputar dunia perkuliahan, dan lain-lain.

Pesan saya yang terakhir,,

“Jangan malu bertanya!”

Situs resmi Program Ilmu Komputer

Sepenggal surat untuk wisudawan-wisudawati Jupiter B

Dear barudak JupiterB,

Selamat ya kawan sudah jadi sarjana pendidikan, maaf atas ketidakhadiran diwisuda kalian, tapi semoga bisa terbayarkan dengan adanya surat ini dan kehadiran saya di prasidang dan sidang kalian.

4 tahun kita bersama, semua perbedaan, semua tawa, tangis, canda, dan juga cinta, semua itu kita lalui bersama. Tidak perlu saya ceritakan di sini semua kenangan itu, cukup kalian pejamkan mata dan bayangan-bayangan kebersamaan kita selama 4 tahun ini akan terbesit di benak kalian.

Dari jauh saya mendo’akan untukmu kawan-kawan, kalian calon orang-orang sukses. Jangan lupa, do’akan kami yang masih sibuk dengan proposal skripsi, sibuk dengan bab1,bab2,bab3, sibuk dengan instrumen, sibuk buat sistem, sibuk penelitian, dan sibuk menunggu wisuda desember.

Ada penggalan lirik lagu buat kalian, *yg membacakan harus menyanyikannya dengan nada yg baik dan benar.

Kamu sangat berarti, istimewa di hati
Selamanya rasa ini
Jika tua nanti, kita t’lah hidup masing-masing
Ingatlah hari ini

Sepatah-patah kata buat wisudawan:

Nisa

“Ayo say, bangun Bima, jadi pejabat yah di sana, biar kalau kita2 mau ksana gampang akomodasi ditanggung sama dirimu”

Septi

“Sekretaris saya nih, semangat yah, semoga dijodohkan sama Yoga Rizky Prayoga, amin”

Yoga

“Nuhun Ga atas bantuannya selama ini, buku PHP ntar dititipin ke Iip aja ya, buru atuh sama Septi”

Dwi

“Mamah sudah lulus, sudah kerja pula, jangan lupakan Papah, hahahahaa 😀 *mati kalau ini didenger orang tua + cwonya”

 

Vina

“Vin, jangan kemana-mana bantu penelitian saya ya, tunggu saya di SMK BPI”

Era

“Ra, jadi kan rencana tour ke Cilacap? Pasti ngerti kan?”

Riri Dwi

“Yah Rin,balik ke tanah Minang yah? Ntar saya pesan tiket sama siapa donk”

Mira

“Ayo Mir, langsung S2 yah, tunggu saya, hehehee tetap semangat dengan Koreanya”

 

Ditulis dari bumi Borneo,

Zulkifli Muhtar

jupiter b

jupiter b