Mageli

Kali ini mau kayak yang ngerti kuliner dulu, kan lagi musim di tivi acara kuliner-kuliner. Awalnya saya pengen ngebahas Mageli ini, tapi pengetahuan saya untuk salah satu penganan ini tidaklah banyak, hanya mengetahui sedikit, dan saya penasaran untuk googling. Tapi ya, ternyata hasilnya juga tidak terlalu banyak tautan untuk keyword ini *malah ke motor Meggelli,, hahhaaaaa😀

Awalnya sih gara-gara kemarin buka puasa pake mageli, langsung aja teringat kenangan waktu masih duduk di SMPN 4 Balikpapan suka jajan ini di warung depan sekolah, harganya kalau nggak salah 500/buah. Cukup enak karena warung itu selalu rame saat istirahat *ya iya rame lah,coba pas jam belajar hahahaaa😀

Buat yang belum tau mageli itu apa, ini saya kasih beberapa hasil googling, sayang sekali gambarnya belum nemu nih😦

Mageli ini juga dijual bebas, terbuat dari kacang tolo yang setengah hancur, dengan tambahan bumbu dan bahan lain. Dicetak dengan tangan, dengan menunjukkan adanya bekas jari baru kemudian digoreng. Bisa dimakan sendiri anget-anget [karena akan keras kalau dingin], dengan ditemani cabe rawit bagi yang suka pedas.

http://ongkeksuling.wordpress.com/category/panganan-ider/

Dan saya juga menemukan cara membuatnya lho, kali aja ada yang mau nyoba:

Bahan :

1.  1/2 Kg Kacang hijau direndam selama 1 malam

2.  Garam

3. Penyedap

4. 2 siung bawang merah

5. 2 siung bawang putih

6.  1/2 sdt merica bubuk

7.  Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

– Haluskan semua bahan, aduk menjadi satu

– Bentuk sesuai selera, kemudian goreng dengan menggunakan minyak panas sampai matang ( kekuning – kuningan)

– Setelah itu angkat

Siap dihidangkan

http://elinur.wordpress.com/2009/02/26/mageli/

Tadi lupa sih fotoin magelinya, besok-besok kalau saya beli lagi ntar di foto deh.

See u next time, 

6 thoughts on “Mageli

  1. thanks bro resepnya. kaina ulun cubai di rumah. salawat tinggal di banjar 6 taun, hanyar wayah ini tau yang ngarannya mageli. matur nuwun mas….

  2. iya, sama2 bro…😀

  3. sebenarx mas, resepx itu kurang banyak… klo aslix g sesederhana itu.. acil saya klo buat mageli enak bgt. klo dia jualan laris. mageli bukan cuma kacang ijo doank.. biasax pake singkong di parut juga. terus bumbux pake bumbu sop. perbandingan kacang ijo sama singkongx 2:1

  4. oh gitu :O
    terima kasih ya atas masukkannya🙂

  5. waah, g nyangka da yg bwt artikel ne. Btw, ne ank sMP 4 angktn brp lulus na? Jd ingat sya, warung yg jual mageli. Rasax enak bgt plus pdas tp dlu lumayan ukurnx gede. Skrg, mah klo org2 jual pd kecil2 smw. Rda pelit . . .

  6. Saya masuk SMPN 4 tahun 2001,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s