Angkot Balikpapan vs. Angkot Bandung

Angkot, angkutan kota, adalah transportasi umum yang tersedia di sekeliling kita yang dapat dengan mudah kita jumpai. Pasti sudah pada tau ya tiap kota pasti angkotnya berbeda.
Nah, sekarang saya mau membahas sedikit apa yang saya lihat mengenai “budaya” angkot di Bandung dan juga di Balikpapan.
Apa saja ya yang mau dibahas untuk perbedaannya? Kita mulai dari bentuk fisik angkotnya dulu aja kali ya.
Untuk angkot di Bandung, posisi kursi untuk penumpang saling berhadapan. Nah, kalau di Balikpapan beda, jadi posisi kursinya kayak di mobil biasa aja. Di depan sama di belakang gitu. Ya cuman ada space dikit di kursi pertama jadi bisa untuk menjangkau kursi yang di belakang. Kalau di Bandung sih mirip elf (baca: elep) gitu cuman kalau elf kan gede tuh, kalau ini kecil sama kayak ukuran angkot pada umumnya.
Itu bentuk fisiknya, terus kita lanjut lagi, kalau di Bandung yang saya lihat banyak angkot yang seperti sudah tua ya kondisi mobilnya (maaf ya), ya memang banyak sih yang saya lihat yang baru-baru, cuman masih kelihatan aja yang sudah tua. Kalau di Balikpapan sih umumnya saya lihat sudah jarang yang tua-tua seperti itu. Mungkin karena angkotnya memang tidak terlalu banyak.
Kemudian angkot di Balikpapan sebagian besar pasti ada tape-nya, atau pemutar mp3/music. Bahkan jaman saya SMP aja lagi trend pake TV yg mini untuk memutar video clip di dalam angkot, keren kan ya? Pokoknya angkotnya dimodif banget deh, terutama angkot yang dipakai untuk trayek-trayek menuju sekolah. Dan ini jarang saya temukan di Bandung.
Untuk suku dari orang yg jadi sopir pasti beda kan, kalau di Bandung kebanyakan suku Sunda, kalau di Balikpapan kebanyakan suku Bugis dan usianya masih pada muda, sekitar 20-40tahun.
Untuk total angkot sepertinya lebih banyak di Bandung dibanding Balikpapan, soalnya Bandung kan luas kotanya, dan banyak pelajar yang ada di Bandung, kalau di Balikpapan sedikit karena memang termasuk kota kecil.
Untuk warna dan nomor, di Bandung bakal ada nama tempat awal dan tempat akhir, misal: Kalapa-Ledeng, berarti angkot ini ada di sepanjang jalan menuju Kalapa dari Ledeng. Kalau di Balikpapan biasanya tiap trayek itu beda warna. Kalau di Bandung kita masih akan menemukan warna yang sama untuk trayek Kalapa-Ledeng dan Caheum-Ledeng (saya aja sering salah naik angkot gara-gara salah), nah kalau di Balikpapan, semua trayek beda warna.
Nah, ada lagi nih yang beda, kalau di Bandung pasti sudah biasa dengan yang namanya ngetem, kalau di Balikpapan, biasanya angkotnya jarang ngetem lho. Langsung berangkat.
Tarif angkot di Bandung lebih murah dibandingkan di Balikpapan. Kalau di Bandung kan berdasarkan jarak ya, jadi mulai dari 1000,1500,2000,2500,3000,3500,4000,dst. Nah, kalau di Balikpapan beda, jadi biasanya kalau dekat 3000 kalau jauh 4000 (sekarang sih nggak hapal tarifnya, sudah lama nggak naik angkot,hehehee :P). Jadi di Balikpapan, kalau dari tempat A-B meskipun dekat, tetap aja bakal bayar tarif dasarnya yang 3000 itu. Jadi ya rugi kalau cuman dekat lokasinya.

Itulah sedikit perbedaan angkot dari 2 kota yang berbeda. Banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut. Ini berdasarkan pengamatan saya menggunakan angkot. Kalau tidak percaya, silahkan coba sendiri naik angkot di Bandung dan Balikpapan.

Posted with WordPress for BlackBerry.

2 thoughts on “Angkot Balikpapan vs. Angkot Bandung

  1. saya org balikpapan bro, saya mau klarifikasikan tntang ongkos angkot balikpapan yg jaraknya dket itu, klo dket skitar 0-3 km hnya byar 2000, klo jauh smpai 15 km pun hanya 4500.

  2. itu tarif angkot sekarang ya?
    terima kasih atas updatenya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s