Tanggapan mengenai Kurikulum Nasional Negara Inggris

Beberapa hal yang menarik menurut saya dari kurikulum yang diterapkan di Inggris adalah sebagai berikut:

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Setiap peserta didik dituntut untuk mempunyai kemampuan untuk menggunakan sumber informasi dan peralatan informasi & komunikasi lainnya. Alat-alat tersebut mereka gunakan untuk menemukan, menganalisis, mencari, mengevaluasi dan menghadirkan informasi. Mereka diharuskan kritis terhadap kapan dan bagaimana menggunakan TIK untuk mencapai hasil yang maksimal dalam mengakses informasi dalam memecahkan sebuah masalah. Mereka juga diharapkan kreatif sehingga hal ini akan berguna dalam pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pemerintah Inggris sangat mengandalkan bidang teknologi untuk menunjang kemajuan teknologi dan hal ini sangat bermanfaat bagi pendidikan di negara tersebut.

Kurikulum di setiap sekolah di Inggris memberikan pembelajaran yang berhubungan dengan dunia kerja saat berada di tingkatan ke-4 (setingkat dengan SMA/SMK di Indonesia). Setiap peserta didik akan mendapatkan pengalaman kerja (seperti PKL, Praktek Kerja Lapangan di Indonesia) dan hal ini sangat membantu karena pengalaman tersebut akan berguna di masa depan. Peserta didik dapat kerja paruh waktu, kegiatan usaha di sekolah (seperti koperasi di Indonesia). Juga akan mendapatkan simulasi dunia kerja dan wawancara seperti wawancara yang biasa dilakukan oleh HRD sebuah perusahaan. Semua hal tersebut diatur dalam Undang-Undang di Inggris, hal ini membuktikan pemerintah serius dengan pendidikan dan masa depan (karir) setiap warga negaranya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s