Karir di Dunia Komputer

Dalam rilisnya, United States Department of Laboratorium (DoL) dan Bureau of Laboratorium Statistics (BLS) menyatakan profesi ‘Information Technolgy‘ (IT) adalah karir paling menjanjikan di dunia komputer. Fakta ini merujuk tingginya permintaan profesi tersebut pada kurun 2000-2014.Selain IT, ada beberapa karier lain yang paling menjanjikan dan diminati dalam bidang komputer. Daftar di bawah ini adalah data BLS Top 30 fastest growing careers:

1. Environmental Simulations Developer
Seiring isu ‘Global Warming’, serta buku dan film Mantan Wakil Presiden AS Al Gore yang berjudul ‘An Inconvenient Truth’. Bidang environmental simulations developer akan banyak dibutuhkan. Profesi ini harus membuat model lingkungan yang akurat untuk jangka panjang dan jangka pendek, termasuk mengumpulkan data. Bertambah buruknya perubahan iklim, banyak pemerintahan mulai serius menghadapi permasalahan ini. Permintaan akan ‘climate dan environmental simulations developer’ akan semakin pesat di kemudian hari.
2. Video Game Developer
Ekspansi terus menerus di pasar video games, termasuk adanya teknologi ‘Wii’. Industri video game terus membutuhkan ‘game developer’. Diramalkan, video game akan memasuki era domain baru, seperti halnya industri kesehatan dan pendidikan. Dengan kata lain, permintaan game yang lebih inovatif akan terus berkembang.
3. Bioinformatics Simulations Modeling
Bioinformatika adalah ilmu yang mempelajari gen, rangkaian gen, struktur protein dan lain-lain yang membantu penemuan obat-obatan. Bioinformatika membutuhkan kemampuan matematika turunan dan modeling, ilmu komputer, dan lainnya.

4. 3D Animation Technician
‘The Incredibles’ dan ‘Beowulf’ adalah film 3D yang sukses dipasaran. Pembuatan film ini membutuhkan kemampuan kreatif dan teknis, karena menggunakan sistem animasi serta ‘live action’. Kini tersedia berbagai aplikasi terjangkau seperti POV-Ray, Bryce, Poser, Terragen dan lainnya. Teknologi ini juga diperlukan untuk tayangan TV dan periklanan.

5. Internet Entrepreneur
Sebelum lulus kuliah pun, internet sudah menawarkan banyak peluang karir melalui bisnis online. Ketrampilan lain, seperti developing software, ‘web applications’, ‘web consulting’ dan ‘web publishing’ tersedia bagi yang memiliki bakat. Jiwa ‘entrepreneur’ membutuhkan dorongan dan keinginan yang kuat. Internet memberi jutaan kesempatan bagi Anda yang berjiwa entrepreneur dan manajemen website yang baik.


6. Medical Modeling Systems Developer and Technician
Hampir di semua generasi, kesehatan sama pentingnya dalam menggerakkan laju ekonomi. Kemampuan dan peningkatan teknologi di bidang kesehatan pun, semakin sangat diperlukan. Berbagai alat penunjang tubuh manusia, juga tergantung dari teknologi tinggi dibidang komputer yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

7. Digital Film Production Assistant and Technician
Berkat hadirnya Internet TV seperti Joost dan babelgum, kini permintaan situs video dan industri TV – termasuk Pay Per View dan Cable – semakin meningkat. Tren digital pun terus berkembang, sehingga kebutuhan akan teknisi komputer tetap terbuka.

8. Website Network Manager/Administrator
Sebuah bahan publikasi, tidak membutuhkan penulis yang memahami segalanya. Begitu juga publikasi online, tidak perlu repot memahami ketrampilan administrasi dan teknis situsnya. Dengan menjamurnya sejumlah website dan blog, semakin banyak pula kebutuhan akan orang yang bisa merawat situsnya.

9. Training Software Developer
Training dan self-help solutions adalah salah satu industri terbesar di perekonomian modern. Teknologi revolusioner seperti ‘World Wide Web'(www) yang ditemukan Sir Tim Berners-Lee, sebenarnya diawali niat membagikan informasi ke seluruh dunia. Pelatihan software merupakan peluang karier yang layak dipikirkan.

10. Visual and Audio Content Producers
Diperkirakan 10 tahun mendatang bisnis online didominasi oleh video dan audio. Kemampuan mencipta visual dan audio konten menarik, penggunaan kode tingkat tinggi’Action Script’ atau ‘video caption software’ seperti ‘Camstasia Studio’ dan ‘Splashcast’, akan sangat bermanfaat. (ace/www.computermajors.com)

One thought on “Karir di Dunia Komputer

  1. Hi just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the pictures aren’t loading properly.
    I’m not sure why but I think its a linking issue.
    I’ve tried it in two different internet browsers and both show the same
    outcome.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s