Pemilu 2009

Pemilu 2009 adalah pemilihan umum untuk memilih calon legislatif. Berbagai partai baru pun mulai muncul, yang menjadi perhatianku adalah Gerindra. Keren banget ni partai, baru muncul tiba-tiba populer dengan iklan-iklannya yang bermutu (menurutku, karena pesan yang mau disampaikan itu jelas dan kena banget)

gerindra

Tapi, dalam bahasan kali ini bukan akan membahas Gerindra (ada bahasan tersendiri mengenai Gerindra)… 

Hmm…

Tidak menyontreng? Itulah yang terjadi padaku. Menyesal? Tentu saja. Tapi biarlah, nasi sudah menjadi bubur. Sempat kesal juga sih kenapa tidak bisa menyontreng. Ternyata aku menemukan jawabannya. Sebenarnya bisa nyontreng, tapi harus ada A5, itu istilah yang aku temukan, dan harus dikirim 3 hari sebelum pelaksanaan Pemilu, dan aku baru tau hal ini sehari sebelum Pemilu. Sempat kesel juga baru tau, padahal Bapak Ketua TPS di Kariangau (Ketua Pelaksana gituu…) Semapt berpikir, apa Bapak lupa nyampaikan ke aku mengenai A5 itu? Berbagai macam pertanyaan timbul.

Malam ini, Senin, 13 April 2009 pukul 6:30 saat membeli galon di Ibu Kost aku menemukan jawaban atas semua itu. Aku memanggil Teteh biar akrab karena memang masih muda. Teteh tanyain, “kemarin nggak nyontreng ya?”, ini pertanyaan apa pernyataan karena tentu Teteh udah tau jawabannya. Aku bilang “nggak”. Terus Teteh bilang “Ntar Pemilihan Presiden mau nyontreng?”. “Mau”, kataku. “Ya udah, ntar didaftar. Kemarin pas pendataan kamu nggak ada, yang ada cuma satu orang, jadi cuma satu yang didaftar”, kata Teteh.

Wooww…kaget banget dengar itu. Ternyata bisa toh. Pemilu, Pemilu… Aku sempat kira sistem Pemilu tahun ini kurang efektif karena aku dengar, aku lihat, banyak nggak nyontreng. Mungkin pas pendataan, mahasiswa-mahasiswa itu lagi kuliah.

Hmm…

Tidak apa lah… Yang penting ntar nyontreng waktu Pemilu Presiden…

Semangat untuk Indonesiaku…

kpu

Leave a Reply

