Format Ulang Blackberry

Jika Blackberry Anda sering hang (error) atau sering muncul icon jam pasir, cobalah untuk secara rutin melakukan wipe. Wipe ini akan membersihkan semua file yang ada pada Blackberry Anda. Tidak hanya file yang ada, aplikasi pun akan terhapus dan Blackberry Anda akan kembali pada kondisi saat Anda membelinya dulu.

Bagaimana cara melakukan format ulang atau wipe pada Blackberry? Cukup mudah. Pertama lakukan backup untuk data-data penting seperti contact, video, foto, dan file lain yang menurut Anda penting, kemudian lakukan langkah-langkah berikut:

  • Cari Setting/Pengaturan
  • Cari Security Options

  • Kemudian, Security Wipe

  • Setelah memilih Security Wipe, maka akan tampil seperti ini:

  • Pilih yang ingin dihapus dari blackberry Anda, kalau ingin seperti baru lagi, pilih (centang) semua, dan ketikkan “blackberry” pada kolom yang kosong
Dan selesai.
Sekarang tunggu beberapa saat, cukup lama sih proses wiping ini. Kalau bisa pada saat wiping ini kondisi baterai anda full atau sambil di charge. Jangan sekali-kali mencopot baterai pada saat proses wiping berlangsung karena akan merusak gadget Anda.
Selamat mencoba,
Untuk OS7:
230 thoughts on “Format Ulang Blackberry

  1. Nice info zul..

  2. yuhuuu…
    semoga bermanfaat :D

  3. Pingback: Yosh

  4. itu semua kontak BBM nya ilang semua gak ya ? -,-

  5. iya, semua jadi kehapus….
    jadi sebaiknya di back-up dulu mas adiyatma….

  6. nanti orang yg kedelete kontak nya oleh kita karena instal ulang ini tau bisa tau gak kalo kontak nya kedelete ?
    maaf mas banyak tanya hehe

  7. klo BBM contact sih bakal tau, jadi ntar dia bisa invite ulang pin kita,, klo contact biasanya nggak bakal tau

  8. mas, aq lg wipe tp smbil colok ke pc terkoneksi ma DM gmn ya?

  9. thanks mamaseee

  10. semoga berguna
    thx sudah komen :D

  11. bang. masalah lagi neh. tau aplikasi utk wipe bb dr komputer gak?

  12. belum pernah nyoba euy, sepertinya sih manual dari bb nya, ntar saya cari tau lagi :D

  13. cara hapus blackberry id di bb gmn ya?

  14. Maksudnya blackberry id yg mana ya Mba’?

  15. thaks buat infonya gan share lagi ^_^

  16. Iya, sama-sama. Terima kasih sudah berkomentar :)

  17. klo sya bermaslah karna aplikasi BB nya ngga bisa di buka,. qra2 cra servicenya gmna ea.???

  18. wah…….perlu dicoba nih…BB ane sampe ane banting gara2 LEMOT kya keong

  19. kebanyakan lemot itu salah satunya karena penuhnya memory di BBnya, coba delete aplikasi yg tidak dibutuhkan :D

  20. kalau nggak bisa dibuka mungkin OS BB nya ada kerusakan, coba hubungkan dengan kabel data ke PC

  21. gan…berapa lama ya waktu untuk proses wipe ini? karena dah hampir 2 jam nich kok belum kelar juga ya..

  22. tidak terlalu lama, dulu saya cuman setengah jam lebih :-/

  23. kalo misalnya sedang wipe tapi udah sejam gak kelar2, bisa gak dicopot baterainya terus di pasang lagi?

  24. kalo di wipe itu semua aplikasi kehapus ya.??? termasuk bbm, fb, twitter.??? makasih yah seblumnya..

  25. ada pilihannya saat mau wipe…
    tapi biar lebih bersih sih, cek semua, dan itu berarti semua aplikasi bakal kehapus… :)

  26. biasanya sih setengah jam sudah kelar, tapi klo copot batere saat wipe, takut OSnya rusak, jadi sebaiknya tunggu dulu aja

  27. oh… kalo misalnya datanya di back up dulu ke pc ntar ngembaliin lagi data” nya kaya gimana yah.??

  28. tinggal hubungkan BB dengan komputer, ntar ada menu back-up dan restore, tinggal next next aja kok…

  29. bg,,bb saya tidak mau terhubung layanan data,,kalo di format ulang apa bisa jd semula lagi gak ya,,?trimks,,

  30. kalau di format ulang itu istilahnya BB kita dibersihin lagi, kembali seperti kita beli dulu lagi
    biasanya kalau tidak mau terhubung dgn layanan data sih karena providernya, mungkin ada masalah, biasanya sih kalau di-restart biasa jg suka bener lagi :D

  31. mau nanya bos, ntar aplikasi seperti BBM, facebook atau twiter ke hapus gak? dan jika ke hapus bagaimana cara mengembalikannya? thanks

  32. semua ke hapus dan harus download lagi aplikasinya :D

  33. mau nanya donk , bb bold saya salah masukin pass 10 x jadi sekarang bb nya gak mau nyala lagi dan di layar muncul tulisan reload software : 513 , mesti gimana cara nya supaya bb saya bisa kembali normal ya . thx

  34. Hasil searching:

    Gini bro cara Load OS Blackberry,
    donlot dulu bro OS ny. install lewat pc/laptop setelah install buka C program file>common file>Research in Mation>App loader. File bernama Vendor.xml dan hapus. Buka lagi C program file>common file>Research in Mation>Apploader. di windows Explorer lalu klik dua kali (Apploader) untuk memulai proses insta-lasi. Tunggu beberapa saat hingga muncul Application Loader Wizard. Klik Next. Keterangan pin BB yan dihubungkan akan ditapilkan. Klik Next pada Device Application selection pastikan blackberry system software tercentang. Pilih fitur dan aplikasi lainnya yang ingin ikut di install klik Next.

    Source: ask | reload software 513 « Blackberry Indonesia Community http://www.berryindo.com/forum/topic/ask-reload-software-513#ixzz1rO1UMXFR

    Copyright: http://www.BerryIndo.com

  35. thx bos , saya coba dulu .

  36. Mau tnya gan bgmn cara mindahin Nmor tlp d kontak ke sim card ya di BB bold 9000 . . .
    Help . . .

  37. maaf mas mau tanya ne,,,jika kita mau melakukan format ulang tapi aplikasi seperti bbm,,contact bbm,,facebook dll tidak ikut terhapus…

  38. @Rahadyan : Wah, belum coba lagi nih Mas, soalnya BB saya lagi “sakit”. Maaf.

    @Amrin : Sepertinya kalau kita format ulang semua bakal terhapus, aplikasi semuanya terhapus Mas Amrin :)

  39. naaaa jadi klo kita udah pake wipe ini, otomatis semua data appun juga terhapus khan? termasuk aplikasi juga ya..? untuk install ulang untuk app nya, gimana lagi donk mas..???

  40. hi ‘bro, mau tanya dong, kalau qta abis beli bb tapi knapa gak bisa log in ke email sendiri malah muncul (active) email pemilik sebelumnya, apakah itu perlu di wipe or format ulang gtu gak sih? dan kenapa gak bisa save data ke email qta malah email pemilik sblumnya yang active ya…, mohon info nya bro’ thanks

  41. Mas maaf mau nannya, kalo di wipe itu kembali ke OS awal sebelum kita Upgrade ato tetep di OS sesudah di Upgrade ya?

  42. ke OS sesudah upgrade :D

  43. coba di wipe aja dulu mas… kayaknya emang setting sebelumnya masih ada

  44. gan..kemarin sy wipe bb torch sy tapi sy lupa kalo bb sy udah lowbat..akhirnya proses wipenya gak selesai..bb sy matot..sy antisipasi dgn cabut batre bbrapa saat bgitu sy pasang lagi loading startupnya hanya sebentar langsung muncul gambar besar baterai disilang..sudah coba ganti batre dan carge tapi tetap sama..
    mohon petunjuknya..

  45. harusnya jangan dicabut, biarkan aja sambil di-charge,,

    kalau batere disilang itu biasanya baterenya habis, coba di charge,, kemudian dibiarkan aja dulu beberapa saat

  46. mas mau naya ne, kalau bb torch 9800, q kan pindahin foto dari komptr ke BB nya eh malah ga bisa dibuka selsai itu q akhirnya hapus semua dan aq haus aja sekalian dan q buat ulng, eh blum semuanya memorinya g cukup padahalkan q lum isi penuh, mohon bantuanya.

  47. kakak Klw di Format tuh id Appwordnya juga ke reset ???

  48. iya, semua setting dan aplikasi akan terhapus semua

  49. tanya donk, kalau aku buka beberapa app di bb itu seringnya jadi macet terus keluar tulisan uncaught application xxxxx, sudah coba di reinstall tp masih aja begitu terus. itu kira2 kesalahan di mananya yah? apa jangan2 OSnya bbnya yg eror? makasih :)

  50. mas, bb saya gak selesai-selesai wipenya, sudah lebih dari 2 jam. apa tunggu sampai habis baterai, atau cabut baterainya?

  51. Wah, yg bener mas?
    Ditunggu dulu aja, sebaiknya jangan dicabut batere karena takutnya malah akan membuat BBnya hang

  52. mas mau nanya, saya baru beli bb trus waktu saya coba BBM kok DP saya gk kluar di BBM tmen saya….!! trus saya tanya sama temen. katanya mungkin karna faktor zona waktu yg aku setting Dublin, London (GMT). trus BB app world nya jg gk bisa di buka setiap saya buka “BB app world sedang mengalami masalah” apa itu jg harus di wipe yaa??
    soalny saya msh gk brani dalam hal kyk gini karna saya masih pemula….!!

  53. Coba ganti dulu aja zona waktunya, trus hard-reset (cabut baterai), mungkin karena jaringannya lagi jelek tuh, atau coba ganti DP lagi, biasanya kalau masih baru butuh waktu biar fotonya muncul. Kalau AppWorld nggak mau, coba un-install dulu trus download lagi, mas ini pake paket full service kan? Soalnya kalau nggak pake paket full service AppWorld nggak bisa dipake. Thx :)

  54. jadi ini gk usah di format?

  55. iya, jgn diformat dulu…

  56. siip mass thx yaa

  57. iya, sama-sama :) semoga membantu

  58. kok bb gw gak ada Security Wipe nya yah?
    zzzz

  59. OS berapa bro?
    Di setting gak ada?

  60. OSnya masih 4,6.
    gw formatnya lewat general setting tuh bro, sama ajah apah beda?

  61. oh iya, contoh yg saya buat itu pake OS 5, kalau OS 4 ada sedikit perbedaan, kalau yg mas temukan wipe di general setting berarti sudah benar

  62. okeh makasih yah bro, sukses trs
    oia mau nanya lagi ni kalau memory card tidak kebaca di blackberry trs cara supaya kebaca giamana yah?

  63. thx :)

    periksa dulu bro ada kerusakan gak di memory card itu, biasanya sih bermasalah dari dalam memory-nya, coba dibuka di komputer dulu, kalau memang gak kebaca di komputer berarti memang rusak,, saya belum bisa cara baikin memory yg gak terbaca

  64. okeh thxi yah :)
    sukses trs mas zul

  65. os bisa diupgrade ndak ? n cara upgradenya bagaimana ? tx

  66. Maaf ni…saya punya probem soal format ulang BB saya Cara2 yg sudah d jelaskan sudah saya coba tapi apa yg d jelaskan mengenai wipe itu tak berjalan sprt Yg djlaskan

  67. bisa di upgrade, nanti saya akan tulis cara upgrade BB

  68. OSnya versi berapa ya?

  69. kalau hpnya udh ga bisa hidup atw eror gmna hanya muncul layar putih gitu

  70. bb gw kalo up date status gak pernah muncul..
    kenapa yaa..
    ato harus di format ulang..???

  71. Maaf, ini maksudnya update status apa ya? Status BBM?

  72. Maaf ni,,sya kn sdh cba format ulang sprti yg diatas tetapi masalah muncul kontak tlp saya mlah tdk bs di edit ataw tambah kontak serta pengaturan jam ny tdk bsa dbuka,mohon dibantu yak,,trims

  73. Mas mau tanya nich :) Mas bb ku kan Torch 9810 garansi resmi. Temanku juga make bb Torch 9810 garansi toko. Tapi jaringan di bb temanku koq ada jaringan 4G nya ya, sedang di bb ku cuma ada jaringan 3G. Mohon pencerahannya Mas. Makasih sebelumnya Mas :)

  74. Kalau masalah sinyal itu sepertinya tergantung sama provider dan lokasi tempatnya

  75. Saya mau nanya
    Kalo wipe di bawah OS5 gimana caranya?
    Mohon kasih tau ilmunya

  76. hampir sama mas, coba cari WIPE di settingnya

  77. Ada cara lain gak mas, soalnya gak ada security wipe adanya
    - general setting
    - app permissions
    - certificate servers
    - certificate
    - firewall
    - key stores
    - memory cleaning
    - softwere tokens
    - TLS
    - VPN
    - WTLS

    Di memory cleaning gak bisa

  78. memo pad ke hapus juga gak ya?? thx

  79. Maksudnya semua memo?
    Iya, klo di WIPE berarti semuanya kehapus :)

  80. bb gx bsa dapt sinyal 2G klo d WIPE bsa dpt gak???? :)

  81. itu biasanya berhubungan sama provider dan lokasi mas :D

  82. gan,gw mau naya gimana caranya mau mengganti BB ID gan,
    cos gw lupa pasword nya,tx gan,,

  83. kalau gak salah sih tinggal register lagi aja kok…

  84. mas nya ini OS 4 ya?
    coba cari lagi, ada kok mas…

  85. kalo mau ganti PIN BB dimana mas bro …

  86. Maaf, setau saya pin  tidak bisa di ganti :)

  87. mas prosesnya brapa lama ya ??

  88. Lumayan lama, hampir setengah jam

  89. mas berapa lama ya prosesnya ? kalo udah lama tapi prosesnya gg kelar kelar gimana mas ?

  90. Sekarang kondisi bb nya gmn? Apa yg tampil di layar?

  91. mau nanya mas, bb curve gemini saya tidak bisa edit kontak. gimana ya?

  92. Coba di WIPE aja, caranya seperti yg diatas, jgn lupa di BACKUP dulu data-data BBnya

  93. salam..

    sebelumnya makasi infonya..
    tapi ada pertanyaan ni, saya pake BB torch, kebetulan udah saya wipe total, jadi BB-nya kembali seperti semula tapi isi dari memory card 4Gb nya ga hilang, foto² + music² itu ga hilang, nah saya coba cari settingan untuk delete memory cardnya, setelah ada menu format, tapi tetep ga hilang, jadi cuma BB-nya aja yang bersih, mmc-nya nggak sama sekali. sudah saya coba format via PC pun ga bisa, tetep ada, delete via BB sih bisa hilang tapi setelah di reboot, ada lagi. saya bingung, ada cara ga? atau solusinya gimana?
    terima kasih sebelumnya..

  94. mas brew.. BB ane tak wipe.. tak tunggu udda mpek sejam lebih kok ga kelar2 ni gmna??
    apa kalau dibiarin bisa kelar?? apa copot batre ajja ??
    tolong donk saran.. GALAU amad niie..

  95. ini sampai tak pencet..
    juga ga kelar2 proses wipe.nya..
    hadduh…,, trusz di gimanain mas brew..???

  96. tanya dong kalo gak bisa membuat dan menerima panggilang gimana caranga

  97. mungkin ada masalah dengan hardware di dalamnya mas..

  98. kalau mau nge-hapus aplikasi yang usah diinstal lewat Blacberry AppWorld gimana ya caranya?
    di-uninstal ternyata gak nge-hapus filenya ya? :D

  99. masuk ke Blackberry AppWorld, pilih aplikasi yg kita install, di sana tekan tombol BB dan cari delete/hapus…

  100. apa Id pada app worldnya juga akan hilang?

  101. mas aku mo tanya ney gara2 habis direset ulang email ku keblokir untuk blackbery id nya, aku pake email alternatif nah untuk mengganti ke id yg lama gimana ya padahal udah reset pasword tapi masih gk bisa dipake juga id yg lama. Ada cara untuk menghapus id gk? dah kuganti tetep gak bisa tolong dunk

  102. kok lama banget y sob setelah itu kluar gambar apa waktu proses peformattanya

  103. saat nge wype layar bbnya emang putih?

  104. Mo tanya ne klo di wipe apakah kata sandi kembali standar alias bikin baru lg. Makasih…

  105. setelah di wipe akan kembali ke pengaturan awal, jadi password juga seharusnya kembali ke password standart

  106. iya, emang akan putih… dan ada icon jam pasirnya beserta tulisan wiping

  107. memang lama… setelah di wipe, bb akan restart sendiri…

  108. mas kalau torch bisa install ulang ngak? cara nya bagaimana torch saya os6 mas thx :D

  109. saya belum coba nih yang OS 6 gmn..

  110. permisi gan ane beli bb second
    trus ane gatau passwird sama id bb nya

    caranya gimana ya
    mohon pencerahannya

  111. gan cara d atas udah ane coba & berhasil,,tp aplikasi bbm & fb-nya kehapus… nyari donlodnya lg dmn ya??
    makasih

  112. gan kalo misalnya di format semua apa blackberry idnya juga ke format gan?
    thanks

  113. tanya dongg kok DP bbm kaga muncul yah di bbm temen2 gue, bacaan nya blm di register.
    kasih tau donggg :) makasih

  114. mas saya dah wipe tp ttp bb appworldnya ga muncul harus gmna yah mas?

  115. mas,aku mw nanya.appworld ku hilang.truz udah d’download to day tetap g bisa.bhkn appworld udah aku hpus biar d’instal lg.tetap aj appworldnya g muncul2…
    ini udah yg kesekian kalinya aku coba..

  116. coba di wipe aja dulu, baru nanti download app world nya

  117. gan tampilan klo lgi nge wipe kaya gmn? apa bener keluar jam pasir dibelakangnya ada warning? normal ga klo kaya gtu?

  118. Aq wipe udh 5jam lbih ga klar2 gmnh inih?
    Munculna jam psir mlu…jam psirna lma ilangna bntr :‘(

  119. mas zul, kalo aku sementara format ulang, trus tiba2 terputus entah karna faktor apa (contohnya mati lampu) trus hang… trus OS rusak, masih bisa di perbaiiki nga’? melalui blackberry center?

  120. aku nanya lagi yach. aq udah ampir 3 jam kok belum kelar2 nich proses wipenya… gimana tuch ??? bantu info donk

  121. sebelumnya makasih atas infonya :)
    mau nanya, saya pakai os 5 memangnya selama proses wiping berlangsung akan ada tulisan “erasing information warning: don’t pull the battery out until erasing is complete” sama keluar jam pasir secara trs menerus? mohon jawabannya. thanks in advance

  122. hey guys cuma mau ngasih informasi aja sama orang yg mengalami hal yg sama kayak saya diatas. itu gak bermasalah dan itu normal memang lebih memakan banyak waktu. tp ingat jangan pernah sesekali anda cabut baterai, selama apapun cobalah untuk menunggu :) soalnya tadi malam saya tinggal tidur dan setelah saya bangun alhamdulillah proses wiping sudah selesai hehe

  123. maaf mw tnya mas. .
    sya pke bb 9700,kmren tu d upgrade os 6,tpi kamera nya gk berfungsi .
    gmn solusi nya mas,thanks

  124. Mas saya masih awam mas,nanya, saya punya BB bold 9700 tapi nggak tahu OS berapa yang dipakai , gimana mencari taunya ?
    Trims

  125. Bang…saya download wallpaper trs dihapus ko’ msh ada shortcutny ya????*ga bisa di hapus*
    Saya format ulang pun msh ada gmn tuh???

  126. maksudnya shorcut gimana ya? saya nggak paham maksudnya.

  127. Mksd saya bekas fileny msh ada_ga bisa di hapus

  128. file berkas dmn? di memori BB apa di card-nya??

  129. Di memory internal  вιaсĸвεггч™ ny bang…

  130. Bang pin  вιaсĸвεггч™ brp/email biar saya kirim gbr ny

  131. Gmn bang ud diterima blm gbrny…???

  132. Mas mau nanya,kalo balikin bbm 7 ke versi sbelumnya,gimana ya caranya? Soalnya bbm 7 kan tdk ada option backup nya. Saya dengar backup langsung ke email kita yg kita masukkan di bb app world. Tp masalahnya email yg saya pake di bb app error, jd saya takut kl bb saya knapa2 smua kontak bbm saya hilang :(
    Sekalian saya mau tanya gimana cara backup bbm kontak di pc?

  133. wah, saya enggak pegang BB versi OS7 nih, gak bisa komentar deh

  134. Loh, bukan bb os7 mas. Punya saya mah os 6. Maksud saya bbm 7 (the latest version of bbm) :)

  135. mas lama bgt ya wipenya tp kok saya layarnya gak puti..biasa aja cuma ada tulisan warning:do not pull batery

  136. tolong bantu gan. Sebelumnya saya sdh format ulang bb saya, setelah brhsl di format ternyata sim card tdk bs d gunakan. Kontak pun tdk ada aplg sinyalnya.
    Sinyalnya sos dan ada pemberitahuan bhwa ”proses memulai gagal” saya pkai krtu xl.
    Bgmna caranya agr sim card bs d gunakan.
    Saya masukan sim card yg lain sama saja.
    Please help me…..

  137. Mas, sy baru aja ngemail mas.. Di emailzulkifli@gmail.com bener? Need help mas. Whatsapp sy sering close sndri, gbs dibuka.. Uncaught application. Gimana caranya ya?

  138. nanya mas .. blackberry orlando saya start up nya lama jadi waktu diidupin cmn muncul jam pasir aja dan sampe skrg msh juga gitu .. jam pasirnya pun nggak muter .. harusnya diapain itu ya

  139. Assalamualaikum….bng minta bantuan nya donkk plzz….kmren kn aq ganti ke ввм versi 7 trs pas lg download bb aq heng aq cabut batrai deh…pas hdp ввм nya jd hilang,,aq download lg ввм 7 nya tp kontak hilang smw ;( tp aneh nya grup2 q smw msh lengkap,solusi ny donk bng plz apa bisa kontak qu dibalikin lg?;( aq ga ada backup kontak di email tp di media card waktu msh ввм 6

  140. gan, tempat ane kenapa gk mau browsing
    “Thhis is a WI-FI service. Please ensure your device has an active WI-FI connection and try again.”
    apa yang salah thu mas ????

  141. gan, tempat ane kenapa gk mau browsing ??
    tampilannya seperti ini “This is a WI-FI service. Please ensure your device has an active WI-Fi connection and try again”
    apa kira2 yang salah thu mas ???

  142. mas bro, mau nanya dong.. bb saya curve 8520 karena hang saya cabut batre trs pas dinyalain loadingnya macet di tengah dan gak bisa2 itu gimana caranya ya?? saya sdh cabut baterai berulang2 tapi sama saja, bb blm prnh diupgrade msh ori ?tx

  143. berati mas bbid nya hilang juga kan ?

  144. mas saya mau tanya app world saya kok ga bisa di bukak ya , katanya di situ kesalahan id. jadi gimana tu caranya ?

  145. iya, BB-ID juga akan hilang, tapi bisa login lagi kok

  146. BBnya masih bisa nyala gak?

  147. coba registrasi ulang aja

  148. ka, bb aku rusak nih..
    gejalanya tuh bb’a lemot trus gga bisa ngapa”in
    pas udh direboot, malahh ada jam pasir’a lama bgt ka .. itu kenapa ya ka ??
    masa hp’a gga bisa ke menu :(

  149. tengkyuuuuuuuuuuuu infonya,

  150. MAKASIH BANYAK MAS BRO…………
    BB KU SKRG DAH BISA GANTI BLACKBERRY ID
    JADI BISA DOWNLOAD APP WORLD DECH…….

  151. mas klo whatsapp di instal ulang di app world sering terputus di jalan 60%, itu kenapa ya??begitu juga kalo aq coba instal baru.

  152. Menunggu BB yang sedang di wipe itu sesuatu… *sambilngopitrusmaenps

  153. Udh tak coba , tapi setelah di securty wipe kok gak bs di charger, gak bs ngisi, tanda chagerpun jg gak muncul knp bos terus gmn ?

  154. bos,ud di wipe nih….tlng di share juga gmn dwnld bb app world nya dll…thanks

  155. sudah di wipe tetapi jam pasir msh ada, malahan jam pasirnya ga bisa hilang.. jdi bbnya ga bisa di scroll

  156. pinter kali lw gan
    tukang service BB ya ^_^

  157. Saya bukan tukang service, hehehee :D
    Suka ngotak-ngatik BB aja kok

  158. Gan kalo di Format Blackberrynya App World nya ke hapus engga !

  159. Iya ke hapus juga
    Nanti di download aja lewat browser
    Cari aja “app world blackberry” di google, nanti ada link downloadnya

  160. mas klo sudah restar ulang wipe nya id blackberry nya buat baru lg yah..

    gak harus baru sih mas, id lama juga masih bisa, cuman harus login lagi

  161. Mau tnya law format ulang bb onix 3 gimna,gk ada setting di menu bb nya

    bukan setting, tapi option mas sepertinya di Onix3, saya nggak pake Onix :D

  162. maz mau nanya nih,,, kok aplikasi bbm saya gak bisa setelah di upgrade versi 7.0.1.23
    gimana solusinya maz,,, tolong bantuannya…..

    coba di downgrade aja mas, atau hapus dulu aplikasi bbm nya, terus nanti install lagi

  163. kok ini ngeresetnya lama bgt ya gak selesai2? udh lbh dari 2jam

    2 jam? lama sekali mba… apa memorinya penuh atau banyak aplikasi?

  164. mas mau nanya. kalo blaackberry nya ga bisa ngetik tuh gmna yah ? posisi nya tuh ada di locked password. cma bisa ngegerakin ke atas sama ke bawah. ga bisa dimasukkin password. mohon pencerahan nya mas
    ini OS5

    wah… kondisi locked ya… berarti ada masalah sama keypadnya, saya kurang tau untuk urusan itu, coba cabut baterai dulu diamkan sebentar sekitar 1 menit terus pasang lagi

  165. Aslinya,sangat membantu bgt..:D M̲äķäşΐĥ :D masbro untuk informasinya Ўªãª.. :) :D

    sama-sama, semoga bermanfaat

  166. klo di Wipe Tiwtter,facebook,yang diupdate akan hilang??? ataupun aplikasi yang pernah didwonload akan hilang ???

    iya, kalau milih semua kolom untuk dicontreng semua aplikasi akan hilang

  167. thanks buat infonya !!

    sama-sama, semoga bermanfaat :)

  168. Mau tanya dong…..kalau BB error 21 kenapa iya……udah berulang kali restrat hard/ cabut bateray, ket sama error 21

    error 21 ya? maaf yah, saya kurang tau

  169. maz..mw tny dunk…BB aq niy ngrestart trz…tp klo aq cabut sim cardnya dy mw nyala lg ky biasa…tp masa aq hrs gnt sim card…?ada cara lain g?trimz…

    wah… maaf, kalau hubungannya dengan sim-card, saya belum pernah nih, maaf yah, saya kurang tau :D

  170. Huua, nunggu wipe selesai lama juga yah :) apa karena kebanyakan tema dan aplikasi yah :D

    emmang lama, tapi berhasil kan? :)

  171. Pingback: Format Ulang Blackberry (OS 7) | khip

  172. Ms bb q panass gara wipe

    iya mas, memang panas ketika proses wipe sedang berlangsung

  173. Bro, apakah Blackberry I’d itu da otomatis terhapus jga gk yh, dan kita buat baru
    Atau gimana gtu…??

    Tq

    kalau semua pilihan dicontreng, bb akan kembali ke kondisi seperti awal kita beli, jadi BB-id juga terhapus, thx :)

  174. mas nanya dong..bb aku uda di wipe wkt ngewipe memori card ga kecontreng..trus wkt data bb aku restore abis di wipe kok memori card kosong ga ada isiny..gmn dong balikinny isi memori card??thx infony

    yakin mas eno gak nyontreng kolom memory card? soalnya kalau data di memory hilang berarti kecontreng juga tuh, kalau mau dibalikin lagi datanya, saya kurang tau mas, belum pernah nyoba lagi, maaf ya…

  175. mas mau nanya ,….
    saya bru wipe BB sy neh ,….
    tp krna lama bgd trus btrenya low ,…..
    sy charge dhidupkan malah yg muncul jam pasir mullu ,….
    ydh sy cabut btrenya ,.. malah ga mau hidup lg ,…
    pliss solusinya ,…
    thx.

    seharusnya sih jangan dicabut baterai saat proses wipe mas, soalnya bisa merusak BBnya, sekarang BBnya sudah hidup atau masih mati mas?

  176. Broo,aku mau tanyak..cara ngapus app word di hp gimana carax..

    pake proses wipe aja mas…
    conteng “user installed application”
    tapi nanti semua aplikasi yg sudah diinstal akan terhapus termasuk app world

  177. saya balas langsung di tiap komentar, maaf baru online lagi

  178. mas kalo setting di serivice booknya ilang bisa dibenerin lewat wipe ini ga? tadi saya udah nyoba yg ngapus email doang, tp ga balik

    btw servis book sm hrt sy ilang krn wkt itu sy delete (krn sinyalnya edge kecil, saran dr inet di-delete)

    mas tau cara balikinnya ga? makasi sebelumnya

    maksudnya gmn ya? saya kurang mengerti pertanyaannya? kalau mau ya di WIPE semuanya aja, semua kolom diconteng, nanti BBnya akan kembali ke pengaturan awal kok

  179. Gimana cara backup data-data ya…txs info format nya

    nanti saya akan posting untuk backup data-datanya ya

  180. mas, kalo bb lemot banget tu gimana ya? saran mas gmn?

    ya coba di WIPE aja, caranya seperti yang di atas yah, thx :)

  181. Gan bb ku orlando sering bgt restart otomatis klo batrei sdh mau habis,, pdhl aplikasi tingl sedikit..

    coba di WIPE aja mas Syamsul :)

  182. Mas, kalau ngereboot tapi gak selesai2 harus diapain ya? Biasanya kalau begini saya suka bawa ke counter dan di reset ulang, tapi biayanya mahal… Barangkali ada alternatif lain? Hehe makasih banyak mas, ditunggu responnya.

    untuk proses WIPE ini sih memang lama mba Hasna, dicoba aja seperti langkah-langkah di atas

  183. klo lg wipe , tpi jam pasirr trusss knapaa ??? jdinya lamaaaa bgt gan .
    apaa diemin duluu ajaa yaaaaaa ….

    iya, sebaiknya didiamkan aja dulu beberapa saat

  184. matur suwun

    sama-sama ;)

  185. nanya donk,aq pke bb torch 9810. sebelumnya aq pke BBM versi 7 tpi karna lemot install ulang. trus aq upgrade BBM k versi 7 lgi,tpi kok grup’nya ga bisa balik semula y. klo mau aq ulang lgi,aq balikin ke semula setting BBM’nya gmn caranya ? klo d wipe trs ntar upgrade lgi bisa otomatis balik lgi ? thanx before

    sudah backup data belum?

  186. Mas mau nanya..bb orlando yg proses memulai sinyal gagal cara mengatasinya bagaimana?

    maksudnya “proses memulai sinyal gagal” itu seperti apa ya?

  187. BB ane kagak bisa buka kamera knpa ya kasih info dong?

  188. bagai mana caranya dwonload facebook versi lama buat gemini

    kalau mau download aplikasi facebook, pasti dapatnya ya versi terbaru, pakai versi terbaru aja

  189. kenapah yah versi facebook skr buat bb ko macet trus yah apa penyebabnya

    macet gimana maksudnya? lambat gitu? mungkin terlalu banyak aplikasi di BB atau jaringan sedang jelek

  190. aku barusan format bb trus baterrey kucabut…..jadi gak bisa restart (gak Hidup sama sekali), gimana ya caranya

  191. gan ane udah reset tapi masih tetep ga bisa, yang keluar cuma tampilan seting doank ga ada tampilan layar sama sekali..

  192. wah . ribet banget kawan . punya e temen ane ga bisa di pake nih bbmnya gara” di update yg baru .

    Ini tidak terlalu ribet kok. Dicoba aja langkah demi langkah.

  193. makasih infonya Mas…. sangat”” berguna banget
    saya jd bs benerin BB-nya tmn saya ….

    Terima kasih :)

  194. Mas, mw nanya nh..
    Bb aku torch1(9800) ud 4 hari ga bsa ganti dp, dan bener2 lemot banget. Slama 4 hari tah ud brapa x cabut batre n reboot, ttp aja dp ak ga ganti2, tp pm ak bsa update. Sblumnya sih bb aku ad tbanting 2 x, apa gara2 it ya dp aku jd error n ga keganti? Udah aku coba wipe,ga lama kok prosesnya, tp ttp aja dp ak ga kganti. Harus gmana ya,mas? Os aku 6.
    Sblumnya aku ud ganti bbm ny dr versi 7 ku ubah k 6 lagi,tp tetap aj ga bsa. Mhon bantuannya. Thanx :)

    Kalau untuk tidak bisa ganti DP itu karena masalah jaringan. Jadi kalau jaringan sudah baik, nanti juga akan bisa keganti kok.
    Untuk proses WIPE memang rada lama.

  195. Mas,, hp sy sehbis di perbaiki oleh tukang servisx, eh malahan hilang smua aplikasix,, icon blackberry idx udh gak ada mas, trus wi-fix profilx, SSID tidk terhubung, bluetooth sdh gak terhubung lgi, gak bisa di on lgsung off trus.. klw buka BBM jbwannya tidak bisa mnyetel BBM terjdi kesalahan pda blackberry ID. tlong di bantu ya mas,, tks,,

    Berarti itu di-WIPE sama tukang servicenya. Harus login Blackberry ID dulu Mba.
    Coba buka di Setting/Option >> Device >> Blackberry ID.
    Harus login kembali.

  196. Mas mau tanya nih hp bb saya sudah saya wipe tapi saya belum back up data. Setelah d wipe mau buka blackberry mesengger ga bsa.? Gmana ya caranya biar saya bisa bbman lgi.?

    Harus download aplikasi Blackberry Messanger dulu Mas. Jangan lupa paket BISnya yg full-service

  197. Good

    Terima kasih :)

  198. kasus saya nsama dengan dwiki, tolong informasinya yah :)

    Harus download aplikasi Blackberry Messanger dulu Mas. Jangan lupa paket BISnya yg full-service

  199. saya tadi nyoba kan tapi kok contact bbmnya gailang ya? pdhl saya sengaja restart ulang supaya contact bbmnya ilang semua soalnya saya gaenak buat ngedelcontnya

    Tadi udah check-list semua nggak? Kalau di checklist semua sih bakal kehapus

  200. Amatiran lah yg empu nya blog! tiap pertanyaan jawaban nya ngga memuaskan.. jarang dibales pula.. mending bawa langsung aja ke service center BB.. fak!

    Mohon maaf apabila jawabannya tidak memuaskan. Nanti akan saya coba lebih sering online. Terima kasih.

  201. mas maf aq mau nanya kenapa di setiap aq download hasilnya gag ada download apapun lagu vidio foto & aplikasi

  202. mas klo install aplikasi apa hrs pk paket fuii servis? klo gak ikut paket bisa gak? maaf baru pegang bb

  203. aku lgi wiping gan . tapi gatau tdi batrenya tinggal brpa . qlo tiba” mati hpnya . aku hrus gimna ? apa bisa wiping sambil cas ?

  204. gan . kok bbm aku malah error yah sesudah wiping .

  205. hp javelin kok dak ada securiti wide nya trs bgmana cr restar

  206. mmaaf klo tidak ad security wipe trs gimana

  207. Mas aku gasengaja malah nyabut batre pas lg wiping. Trs gmn mas ? Kalo iya software nya jd rusak apa bisa diperbaiki?

  208. Maaaas…help me plzzzz
    Kenapa ya contact di bbm bs hilang tb2 tp ga smua hanya be2rapa, pdhal ga sy delete, trus di fb jg beberapa hilang tb2…
    Sy bingung koq ilang… Sampai2 sy n contact yg hilang saling su’udzon mendelete/meremove sendiri.
    Apa ada penjelasan tekhnisnya? Gr2 hal ini sy difitnah tmn2 dikira “membuang” mereka :’(
    Plzzzzzz ada yg bs jelasin ga ya?

  209. kalo biar sms nya ga hilang saat d wipe. gimana cara nya mas plis soalnya ada sms penting nya.

  210. Gan bb saya udah saya wipe udah 2 jam ga selesai-selesai. mohon penjelasan nya suhu. trima kasih

  211. gan,wipe bb kira2 berapa lama yaa??
    thx u :)

  212. Mas bro,mau tanya..sya bli bb second..trus bb nya uda di wipe..trus uda masukin blackberry I’d yg baru..tp kok balik lg ke blackberry pemilik sblumnya..
    Itu gmna mas bro?mhon bantuannya..thanks

  213. mas brow punya ku kok email account ya gak bisa d apa2 in dah d pencet2 tetep gak ada respon apa2 …ak pake bolt9700 os 6 tu gimana dah tak wiping berkali2 tetep gak ada respon d layar {gak muncul apa2} bantu ya mas bro

  214. mas..mau nanya klo mau mengembalikn aplikasi yg dulux sdh di hapus instalanx spy bs diinstal lg gmn ya??
    misalx whatapp..kok ndk muncul lagi di app worldx
    tlg bantuanx…
    mksh

  215. ini punyaku 3 jam’an ni kayanya, belum selesai juga???

  216. Gan bb torch 9800 sya wktu di wipe cuma brp menit za tapi bb torch 9810 lama banget & saya gk sabar saya cabut batre pas wipe ny trs gmn dunk solusi ny…tlng di blz ea…please help me

  217. makasih infonya gan,, dan makasih karena sudah saya coba :D

  218. terimakasih banyak untuk infonya, semoga bermanfaat

  219. alhamdulilah berhasil mas bro… sekali lagi sy ucapkan terimakasi banyak..

  220. Mau tanya, gmana cra nya balikin bbm versi 8 ke versi 7 yaa,
    Lemot niih versi 8 nya

    Sorry klu nyimpng dri pembhasan, kali aja mas nya bsa jwab

    Acimaa

  221. mas tanya dong, memori aplikasi BB saya selalu tiba2 berkurang gitu. padahal semua data saya simpan ke memori card semua dan aplikasinya gag banyak. aplikasi saya cuma bbm,whatsapp sm uber mas. mohon infonya.. makasih :)

  222. mas kalo bb nya ada rest eror apakah masih bisa di perbaiki.?

  223. om mw tny don, ko BB Torch ogut di Wipe lama emen ya?
    ada solusi?

  224. Bos,,,mau tanya kl mau menghapus bbm di torch 9800 gmn ya soalnya ga ada itemnya untuk menghapus di worldblackberry,,tq

  225. gan.. setalh proses wipe selesai.. layar ane mati.. trus ga idup2 lagi bb nya.. LED ngedip2 trus.. warna merah pekat pula tuh

  226. bos.ini ada bb gemini 8520.saya coba wipe manual tp kok loding npngol jam pasir mulu ngak selesai2 kenapa ya….apa karena kebanyakan applikasi atau gimana ?. thanks.

  227. Om gmna ​♈α᪪ cara’Чα”̮ balikin ßßM ke versi 5.0.0 soal’Чα”̮ sya pake ßßM versi 8 lemot bgt

  228. mas mau tanya, klo bb 9380 d layar ad tulisan proses memulai gagal itu knp ya? pdhal kartu sim saya baek2 z klo saya pindah k hp lain,smntara kartu lain saya coba pasang ke bb 9380 (orlando) saya masih tetep kluar proses memulai gagal gtu.. kira2 apax ya yg rusak????????

  229. Bro, gw mau nanya, pas gw wipe , pas lagi proses , kecabut batrenya soalnya gw kiraiin eror gk jalan, sekarang eror , ada solusi ga bro?

Leave a Reply

